Diketahui Data penjualan kendaraan bermotor pada tahun 2009:
Data Penjualan kendaraan Bermotor | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|
Bulan | Yamaha | Kawasaki | Suzuki | Honda | Others | Total |
Jan-09 | 90.000 | 2.100 | 85.500 | 183.825 | 4.725 | 366.150 |
Feb-09 | 82.000 | 2.000 | 77.900 | 167.485 | 4.500 | 333.885 |
Mar-09 | 80.000 | 2.000 | 76.000 | 163.400 | 4.500 | 325.900 |
Apr-09 | 89.000 | 2.225 | 84.550 | 181.783 | 5.006 | 362.564 |
Mei-09 | 99.000 | 2.500 | 94.050 | 202.208 | 5.625 | 403.383 |
Jun-09 | 103.000 | 2.600 | 97.850 | 210.378 | 5.850 | 419.678 |
Jul-09 | 125.000 | 3.200 | 118.750 | 255.313 | 7.200 | 509.463 |
Agust-09 | 144.000 | 3.600 | 136.800 | 294.120 | 8.100 | 586.620 |
Sep-09 | 121.000 | 3.100 | 114.950 | 247.143 | 6.975 | 493.168 |
Okt-09 | 106.000 | 2.600 | 100.700 | 216.505 | 5.850 | 431.655 |
Nop-09 | 98.000 | 2.450 | 93.100 | 200.165 | 5.513 | 399.228 |
Des-09 | 101.000 | 2.525 | 95.950 | 206.293 | 5.681 | 411.449 |
Total | 1.238.000 | 30.900 | 1.176.100 | 2.528.615 | 69.525 | 5.043.140 |
adapun tabel pertumbuhan penduduk:
Data Pertumbuhan Penduduk Kota Bandung | |||
---|---|---|---|
Bulan | laki-laki | Perempuan | Total |
Mar-09 | 106.250 | 132.000 | 238.250 |
Apr-09 | 111.563 | 138.600 | 250.163 |
Mei-09 | 112.625 | 139.920 | 252.545 |
Jun-09 | 113.688 | 141.240 | 254.928 |
Jul-09 | 114.750 | 142.560 | 257.310 |
Agust-09 | 115.813 | 143.880 | 259.693 |
Sep-09 | 116.875 | 145.200 | 262.075 |
Okt-09 | 117.938 | 146.520 | 264.458 |
Nop-09 | 119.000 | 147.840 | 266.840 |
Des-09 | 120.063 | 149.160 | 269.223 |
a. dari kedua tabel tersebut, buatlah forecast penjualan
b. metode mana yang paling tepat antara: Moving average, Exponencial Smoothing dan Regresei
c. Kebijakan apa yang harus di ambil oleh Perusahaan Honda dan Kawasaki.
Jawaban:
a.
HASIL AKHIR | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Yamaha | SE Yamaha | Kawasaki | SE Kawasaki | SUZUKI | SE SUZUKI | Honda | SE Honda | OTHER | SE OTHER | |
Moving Average | 99.500 | 3.021 | 2.488 | 59 | 94.525 | 2.870 | 203.229 | 6.170 | 5.597 | 133 |
Exp.S 1% | 98.082 | 16.518 | 2.452 | 418 | 93.177 | 15.692 | 200.332 | 33.738 | 5.516 | 941 |
Exp.S 5% | 98.440 | 16.538 | 2.459 | 422 | 93.518 | 15.711 | 201.064 | 33.778 | 5.532 | 950 |
Exp.S 10% | 98.971 | 16.553 | 2.470 | 426 | 94.022 | 15.725 | 202.148 | 33.809 | 5.559 | 959 |
Regresi 95% | 116.082 | 17.752 | 2.914 | 462 | 110.278 | 16.865 | 237.098 | 36.259 | 6.557 | 1.040 |
Metode Moving Average:
MOVING AVERAGE | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Yamaha | SE Yamaha | Kawasaki | SE Kawasaki | SUZUKI | SE SUZUKI | Honda | SE Honda | OTHER | SE OTHER | |
Jan-09 | ||||||||||
Feb-09 | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A |
Mar-09 | 86.000 | #N/A | 2.050 | #N/A | 81.700 | #N/A | 175.655 | #N/A | 4.613 | #N/A |
Apr-09 | 81.000 | 2.915 | 2.000 | 35 | 76.950 | 2.770 | 165.443 | 5.955 | 4.500 | 80 |
Mei-09 | 84.500 | 3.260 | 2.113 | 80 | 80.275 | 3.097 | 172.591 | 6.658 | 4.753 | 179 |
Jun-09 | 94.000 | 4.757 | 2.363 | 126 | 89.300 | 4.519 | 191.995 | 9.715 | 5.316 | 283 |
Jul-09 | 101.000 | 3.808 | 2.550 | 103 | 95.950 | 3.617 | 206.293 | 7.778 | 5.738 | 233 |
Agust-09 | 114.000 | 7.906 | 2.900 | 215 | 108.300 | 7.510 | 232.845 | 16.147 | 6.525 | 484 |
Sep-09 | 134.500 | 10.277 | 3.400 | 255 | 127.775 | 9.764 | 274.716 | 20.992 | 7.650 | 574 |
Okt-09 | 132.500 | 10.548 | 3.350 | 226 | 125.875 | 10.020 | 270.631 | 21.543 | 7.538 | 509 |
Nop-09 | 113.500 | 9.708 | 2.850 | 250 | 107.825 | 9.223 | 231.824 | 19.829 | 6.413 | 563 |
Des-09 | 102.000 | 6.010 | 2.525 | 185 | 96.900 | 5.710 | 208.335 | 12.276 | 5.681 | 415 |
Jan/10 | 99.500 | 3.021 | 2.488 | 59 | 94.525 | 2.870 | 203.229 | 6.170 | 5.597 | 133 |
Metode Exponensial Smoothing Menggunakan 1% dumping factor
EXPONENSIAL SMOOTHING 1% | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Yamaha | SE Yamaha | Kawasaki | SE Kawasaki | SUZUKI | SE SUZUKI | Honda | SE Honda | OTHER | SE OTHER | |
Jan-09 | ||||||||||
Feb-09 | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A |
Mar-09 | 90.000 | #N/A | 2.100 | #N/A | 85.500 | #N/A | 183.825 | #N/A | 4.725 | #N/A |
Apr-09 | 82.080 | #N/A | 2.001 | #N/A | 77.976 | #N/A | 167.648 | #N/A | 4.502 | #N/A |
Mei-09 | 80.021 | #N/A | 2.000 | #N/A | 76.020 | #N/A | 163.442 | #N/A | 4.500 | #N/A |
Jun-09 | 88.910 | 7.046 | 2.223 | 142 | 84.465 | 6.694 | 181.599 | 14.392 | 5.001 | 320 |
Jul-09 | 98.899 | 7.890 | 2.497 | 206 | 93.954 | 7.496 | 202.001 | 16.115 | 5.619 | 464 |
Agust-09 | 102.959 | 8.150 | 2.599 | 215 | 97.811 | 7.742 | 210.294 | 16.646 | 5.848 | 483 |
Sep-09 | 124.780 | 14.194 | 3.194 | 387 | 118.541 | 13.485 | 254.862 | 28.992 | 7.186 | 870 |
Okt-09 | 143.808 | 17.049 | 3.596 | 423 | 136.617 | 16.197 | 293.727 | 34.823 | 8.091 | 952 |
Nop-09 | 121.228 | 21.412 | 3.105 | 507 | 115.167 | 20.341 | 247.608 | 43.734 | 6.986 | 1.141 |
Des-09 | 106.152 | 19.335 | 2.605 | 471 | 100.845 | 18.368 | 216.816 | 39.492 | 5.861 | 1.060 |
Jan/10 | 98.082 | 16.518 | 2.452 | 418 | 93.177 | 15.692 | 200.332 | 33.738 | 5.516 | 941 |
Exponencial Smoothing menggunakan 5% dumping factor
EXPONENSIAL SMOOTHING 5% | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Yamaha | SE Yamaha | Kawasaki | SE Kawasaki | SUZUKI | SE SUZUKI | Honda | SE Honda | OTHER | SE OTHER | |
Jan-09 | ||||||||||
Feb-09 | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A |
Mar-09 | 90.000 | #N/A | 2.100 | #N/A | 85.500 | #N/A | 183.825 | #N/A | 4.725 | #N/A |
Apr-09 | 82.400 | #N/A | 2.005 | #N/A | 78.280 | #N/A | 168.302 | #N/A | 4.511 | #N/A |
Mei-09 | 80.120 | #N/A | 2.000 | #N/A | 76.114 | #N/A | 163.645 | #N/A | 4.501 | #N/A |
Jun-09 | 88.556 | 7.038 | 2.214 | 142 | 84.128 | 6.686 | 180.876 | 14.376 | 4.981 | 320 |
Jul-09 | 98.478 | 8.035 | 2.486 | 210 | 93.554 | 7.633 | 201.141 | 16.412 | 5.593 | 473 |
Agust-09 | 102.774 | 8.334 | 2.594 | 220 | 97.635 | 7.918 | 209.916 | 17.023 | 5.837 | 496 |
Sep-09 | 123.889 | 14.417 | 3.170 | 392 | 117.694 | 13.696 | 253.043 | 29.446 | 7.132 | 883 |
Okt-09 | 142.994 | 17.502 | 3.578 | 434 | 135.845 | 16.626 | 292.066 | 35.747 | 8.052 | 977 |
Nop-09 | 122.100 | 21.465 | 3.124 | 510 | 115.995 | 20.392 | 249.389 | 43.842 | 7.029 | 1.148 |
Des-09 | 106.805 | 19.557 | 2.626 | 479 | 101.465 | 18.579 | 218.149 | 39.945 | 5.909 | 1.078 |
Jan/10 | 98.440 | 16.538 | 2.459 | 422 | 93.518 | 15.711 | 201.064 | 33.778 | 5.532 | 950 |
exonencial smoothing menggunakan 10% dumping factor
EXPONENSIAL SMOOTHING 10% | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Yamaha | SE Yamaha | Kawasaki | SE Kawasaki | SUZUKI | SE SUZUKI | Honda | SE Honda | OTHER | SE OTHER | |
Jan-09 | ||||||||||
Feb-09 | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A | #N/A |
Mar-09 | 90.000 | #N/A | 2.100 | #N/A | 85.500 | #N/A | 183.825 | #N/A | 4.725 | #N/A |
Apr-09 | 82.800 | #N/A | 2.010 | #N/A | 78.660 | #N/A | 169.119 | #N/A | 4.523 | #N/A |
Mei-09 | 80.280 | #N/A | 2.001 | #N/A | 76.266 | #N/A | 163.972 | #N/A | 4.502 | #N/A |
Jun-09 | 88.128 | 7.021 | 2.203 | 142 | 83.722 | 6.670 | 180.001 | 14.340 | 4.956 | 319 |
Jul-09 | 97.913 | 8.207 | 2.470 | 215 | 93.017 | 7.797 | 199.987 | 16.763 | 5.558 | 484 |
Agust-09 | 102.491 | 8.566 | 2.587 | 228 | 97.367 | 8.138 | 209.338 | 17.496 | 5.821 | 512 |
Sep-09 | 122.749 | 14.728 | 3.139 | 400 | 116.612 | 13.991 | 250.715 | 30.081 | 7.062 | 901 |
Okt-09 | 141.875 | 18.112 | 3.554 | 449 | 134.781 | 17.206 | 289.780 | 36.994 | 7.996 | 1.011 |
Nop-09 | 123.087 | 21.556 | 3.145 | 515 | 116.933 | 20.478 | 251.406 | 44.028 | 7.077 | 1.158 |
Des-09 | 107.709 | 19.827 | 2.655 | 489 | 102.323 | 18.836 | 219.995 | 40.497 | 5.973 | 1.099 |
Jan/10 | 98.971 | 16.553 | 2.470 | 426 | 94.022 | 15.725 | 202.148 | 33.809 | 5.559 | 959 |
Regresi
Regresi Confidence 95 % | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Yamaha | |||||||||
SUMMARY OUTPUT | |||||||||
Regression Statistics | |||||||||
Multiple R | 0,443461964 | ||||||||
R Square | 0,196658513 | ||||||||
Adjusted R Square | 0,096240827 | ||||||||
Standard Error | 17752,48899 | ||||||||
Observations | 10 | ||||||||
ANOVA | |||||||||
df | SS | MS | F | Significance F | |||||
Regression | 1 | 617193077,5 | 617193077,5 | 1,95840515 | 0,199243792 | ||||
Residual | 8 | 2521206922 | 315150865,3 | ||||||
Total | 9 | 3138400000 | |||||||
Coefficients | Standard Error | t Stat | P-value | Lower 95% | Upper 95% | Lower 95,0% | Upper 95,0% | ||
Intercept | -126355,9067 | 166559,4491 | -0,758623467 | 0,469835573 | -510442,6849 | 257730,8715 | -510442,6849 | 257730,8715 | |
X Variable 1 | 0,904513646 | 0,646344194 | 1,399430295 | 0,199243792 | -0,585958737 | 2,39498603 | -0,585958737 | 2,39498603 | |
Y | 116.082 | ||||||||
Kawasaki | |||||||||
SUMMARY OUTPUT | |||||||||
Regression Statistics | |||||||||
Multiple R | 0,42474662 | ||||||||
R Square | 0,180409692 | ||||||||
Adjusted R Square | 0,077960903 | ||||||||
Standard Error | 462,1472838 | ||||||||
Observations | 10 | ||||||||
ANOVA | |||||||||
df | SS | MS | F | Significance F | |||||
Regression | 1 | 376109,1046 | 376109,1046 | 1,760974377 | 0,22112614 | ||||
Residual | 8 | 1708640,895 | 213580,1119 | ||||||
Total | 9 | 2084750 | |||||||
Coefficients | Standard Error | t Stat | P-value | Lower 95% | Upper 95% | Lower 95,0% | Upper 95,0% | ||
Intercept | -3070,69225 | 4336,011534 | -0,708183598 | 0,498942186 | -13069,55277 | 6928,16827 | -13069,55277 | 6928,16827 | |
X Variable 1 | 0,022328602 | 0,01682616 | 1,327017098 | 0,22112614 | -0,016472592 | 0,061129795 | -0,016472592 | 0,061129795 | |
Y | 2.914 | ||||||||
Suzuki | |||||||||
SUMMARY OUTPUT | |||||||||
Regression Statistics | |||||||||
Multiple R | 0,443461964 | ||||||||
R Square | 0,196658513 | ||||||||
Adjusted R Square | 0,096240827 | ||||||||
Standard Error | 16864,86454 | ||||||||
Observations | 10 | ||||||||
ANOVA | |||||||||
df | SS | MS | F | Significance F | |||||
Regression | 1 | 557016752,4 | 557016752,4 | 1,95840515 | 0,199243792 | ||||
Residual | 8 | 2275389248 | 284423655,9 | ||||||
Total | 9 | 2832406000 | |||||||
Coefficients | Standard Error | t Stat | P-value | Lower 95% | Upper 95% | Lower 95,0% | Upper 95,0% | ||
Intercept | -120038,1114 | 158231,4767 | -0,758623467 | 0,469835573 | -484920,5506 | 244844,3279 | -484920,5506 | 244844,3279 | |
X Variable 1 | 0,859287964 | 0,614026985 | 1,399430295 | 0,199243792 | -0,5566608 | 2,275236728 | -0,5566608 | 2,275236728 | |
Y | 110.278 | ||||||||
Honda | |||||||||
SUMMARY OUTPUT | |||||||||
Regression Statistics | |||||||||
Multiple R | 0,443461964 | ||||||||
R Square | 0,196658513 | ||||||||
Adjusted R Square | 0,096240827 | ||||||||
Standard Error | 36259,45876 | ||||||||
Observations | 10 | ||||||||
ANOVA | |||||||||
df | SS | MS | F | Significance F | |||||
Regression | 1 | 2574809938 | 2574809938 | 1,95840515 | 0,199243792 | ||||
Residual | 8 | 10517986797 | 1314748350 | ||||||
Total | 9 | 13092796735 | |||||||
Coefficients | Standard Error | t Stat | P-value | Lower 95% | Upper 95% | Lower 95,0% | Upper 95,0% | ||
Intercept | -258081,9394 | 340197,6749 | -0,758623467 | 0,469835573 | -1042579,184 | 526415,305 | -1042579,184 | 526415,305 | |
X Variable 1 | 1,847469122 | 1,320158017 | 1,399430295 | 0,199243792 | -1,196820721 | 4,891758966 | -1,196820721 | 4,891758966 | |
Y | 237.098 | ||||||||
OTHER | |||||||||
SUMMARY OUTPUT | |||||||||
Regression Statistics | |||||||||
Multiple R | 0,42474662 | ||||||||
R Square | 0,180409692 | ||||||||
Adjusted R Square | 0,077960903 | ||||||||
Standard Error | 1039,831389 | ||||||||
Observations | 10 | ||||||||
ANOVA | |||||||||
df | SS | MS | F | Significance F | |||||
Regression | 1 | 1904052,342 | 1904052,342 | 1,760974377 | 0,22112614 | ||||
Residual | 8 | 8649994,533 | 1081249,317 | ||||||
Total | 9 | 10554046,88 | |||||||
Coefficients | Standard Error | t Stat | P-value | Lower 95% | Upper 95% | Lower 95,0% | Upper 95,0% | ||
Intercept | -6909,057562 | 9756,025951 | -0,708183598 | 0,498942186 | -29406,49373 | 15588,37861 | -29406,49373 | 15588,37861 | |
X Variable 1 | 0,050239353 | 0,037858859 | 1,327017098 | 0,22112614 | -0,037063332 | 0,137542039 | -0,037063332 | 0,137542039 | |
Y | 6.557 |
b. Dari hasil perhitungan dapat di peroleh bahwa dengan membandingkan Standart error antar metode, metode Moving average lah yang paling cocok atau tepat digunakan.tetapi secara teori dan logika metode regresi lah yang paling akurat karena sudah ada derajat keyakinan yang pasti. Untuk lebih meyakini hasil dari peramalan ini. Diperlukan cara lain.adapun cara lain untuk memastikan hasil peramalan yaitu dengan menggunakan perhitungan MSE dan SKP (Standar kesalahan peramalan) yang merupakan akar dari MSE, kita ambil salah satu sample saja misalkan Yamaha.dan dari semua metode pun tetap perhitungan Moving Average yang paling tepat.
Moving Average | |||
---|---|---|---|
Yamaha | forecast | kesalahan ^2 | |
Jan-09 | 90.000 | ||
Feb-09 | 82.000 | ||
Mar-09 | 80.000 | 86.000 | 36.000.000 |
Apr-09 | 89.000 | 81.000 | 64.000.000 |
Mei-09 | 99.000 | 84.500 | 210.250.000 |
Jun-09 | 103.000 | 94.000 | 81.000.000 |
Jul-09 | 125.000 | 101.000 | 576.000.000 |
Agust-09 | 144.000 | 114.000 | 900.000.000 |
Sep-09 | 121.000 | 134.500 | 182.250.000 |
Okt-09 | 106.000 | 132.500 | 702.250.000 |
Nop-09 | 98.000 | 113.500 | 240.250.000 |
Des-09 | 101.000 | 102.000 | 1.000.000 |
jumlah kesalahan dikuadratkan | 2.993.000.000 | ||
MSE | 249.416.667 | ||
SKP | 15.793 |
Exponencial Smooting 1% | |||
---|---|---|---|
Yamaha | forecast | kesalahan ^2 | |
Jan-09 | 90.000 | ||
Feb-09 | 82.000 | ||
Mar-09 | 80.000 | 90.000 | 100.000.000 |
Apr-09 | 89.000 | 82.080 | 47.886.400 |
Mei-09 | 99.000 | 80.021 | 360.210.033 |
Jun-09 | 103.000 | 88.910 | 198.522.239 |
Jul-09 | 125.000 | 98.899 | 681.256.872 |
Agust-09 | 144.000 | 102.959 | 1.684.364.418 |
Sep-09 | 121.000 | 124.780 | 14.285.300 |
Okt-09 | 106.000 | 143.808 | 1.429.429.431 |
Nop-09 | 98.000 | 121.228 | 539.543.606 |
Des-09 | 101.000 | 106.152 | 26.545.997 |
jumlah kesalahan dikuadratkan | 5.082.044.295 | ||
MSE | 423.503.691 | ||
SKP | 20.579 |
Exponencial Smooting 5% | |||
---|---|---|---|
Yamaha | forecast | kesalahan ^2 | |
Jan-09 | 90.000 | ||
Feb-09 | 82.000 | ||
Mar-09 | 80.000 | 90.000 | 100.000.000 |
Apr-09 | 89.000 | 82.400 | 43.560.000 |
Mei-09 | 99.000 | 80.120 | 356.454.400 |
Jun-09 | 103.000 | 88.556 | 208.629.136 |
Jul-09 | 125.000 | 98.478 | 703.427.093 |
Agust-09 | 144.000 | 102.774 | 1.699.592.146 |
Sep-09 | 121.000 | 123.889 | 8.344.556 |
Okt-09 | 106.000 | 142.994 | 1.368.588.201 |
Nop-09 | 98.000 | 122.100 | 580.796.588 |
Des-09 | 101.000 | 106.805 | 33.697.863 |
jumlah kesalahan dikuadratkan | 5.103.089.982 | ||
MSE | 425.257.499 | ||
SKP | 20.622 |
Exponencial Smooting 10% | |||
---|---|---|---|
Yamaha | forecast | kesalahan ^2 | |
Jan-09 | 90.000 | ||
Feb-09 | 82.000 | ||
Mar-09 | 80.000 | 90.000 | 100.000.000 |
Apr-09 | 89.000 | 82.800 | 38.440.000 |
Mei-09 | 99.000 | 80.280 | 350.438.400 |
Jun-09 | 103.000 | 88.128 | 221.176.384 |
Jul-09 | 125.000 | 97.913 | 733.716.404 |
Agust-09 | 144.000 | 102.491 | 1.722.973.836 |
Sep-09 | 121.000 | 122.749 | 3.059.449 |
Okt-09 | 106.000 | 141.875 | 1.287.009.368 |
Nop-09 | 98.000 | 123.087 | 629.382.219 |
Des-09 | 101.000 | 107.709 | 45.007.315 |
jumlah kesalahan dikuadratkan | 5.131.203.375 | ||
MSE | 427.600.281 | ||
SKP | 20.678 |
regresi 95 % | ||||
---|---|---|---|---|
Yamaha | x FORECAST | forecast | kesalahan^2 | |
Mar-09 | 80.000 | |||
Apr-09 | 89.000 | |||
Mei-09 | 99.000 | 244.206 | 94.532 | 19.963.212 |
Jun-09 | 103.000 | 251.354 | 100.997 | 4.012.048 |
Jul-09 | 125.000 | 253.736 | 103.152 | 477.335.367 |
Agust-09 | 144.000 | 256.119 | 105.307 | 1.497.148.424 |
Sep-09 | 121.000 | 258.501 | 107.462 | 183.277.403 |
Okt-09 | 106.000 | 260.884 | 109.617 | 13.082.727 |
Nop-09 | 98.000 | 263.266 | 111.772 | 189.668.233 |
Des-09 | 101.000 | 265.649 | 113.927 | 167.107.660 |
jumlah kesalahan dikuadratkan | 2.551.595.074 | |||
MSE | 255.159.507 | |||
SKP | 15.974 |
c. Kebijakan yang harus di ambil oleh Perusahaan Honda dan Kawasaki adalah:
Kebijakan yang di ambil oleh Honda
Sebelum menentukan kebijakan yang harus di ambil oleh perusahaan Honda, kita lihat dulu hasil proyeksi penjualannya. Penjualan tahun 2010 diproyeksikan akan terjadi penurunan total Penjualan menjadi sebesar 203.229 unit. Dengan adanya penurunan penjualan ini yang paling penting adalah di samping lewat promosi, pencapaian top of mind sebuah brand produk dapat dilakukan dengan cara membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Inilah cara yang paling baik dalam pemasaran produk. Interaksi dengan konsumen kembali menjadi syarat mutlak. Ibaratnya pemilik produk seolah selalu berada di samping konsumen. Dari sinilah maka konsumen yang percaya atas kualitas produk yang ditawarkan padanya, dengan sendirinya akan membantu memasarkan suatu produk tertentu dari sebuah produsen (produk motor). Di dalam dunia bisnis keadaanya seperti di medan perang. Untuk mencapai kemenangan dibutuhkan berbagai faktor yang saling menunjang. Jika di dalam pertempuran dikenal dengan koordinasi “trimatra” yaitu darat laut dan udara maka di dalam industri roda dua dikenal dengan dukungan 3S yaitu Sales, Service dan Sparepart.
Sales
Dalam hal ini honda harus gencar AHM sangat gencar dalam membuat iklan didalam produknya, baik melalui iklan, jargon dan melalui komunikasi antar konsumen konsumenya sendiri. Produk yang ditawarkan pun harus sederhana namun memiliki penampilan yang “Wah” sehingga membuat konsumen tertarik. Dalam hal ini honda harus dapat membuat konsumen yang berniat melakukan leasing atau kredit AHM pun melayani dengan baik tanpa menggunakan prosedur yang ribet sehingga tidak membuat konsumen menjadi ragu.
Service
Dalam rangka layanan purna jual terhadap konsumen, AHM harus memiliki gerai service motor Honda yang ada dimana mana dan juga mudah untuk dijangkau. Untuk gerai ini diusahakan memiliki ciri khas yang memudahkan konsumen untuk mengingatkan ataupun membedakan mana gerai AHM dan mana yang bukan.
Sparepart
Suku cadang yang diproduksi oleh honda harus Mudah didapatkan dan dijual dengan harga yang terjangkau. Sparepart ini bisa disimpan pada gerai-gerai service nya atau di jual di toko-toko.
Kebijakan yang diambil oleh Kawasaki
Penjualan motor kawasaki pada bulan januari 2010 diperkirakan akan mengalami penurunan. Dari data dilihat bahwa Motor Merk Kawasaki apabila dibandingkan dengan merk yang lain masih tertinggal jauh dari segi penjualan. Pemain yang baru hadir di Indonesia pada 1995 dan dipasarkan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) ini harus semakin agresif menggarap pasar. Hal ini harus ditunjukkan dengan hadirnya sejumlah ruang pajang baru Kawasaki, termasuk stand di mal dan tempat ramai lain. Selain ini, KMI juga harus meluncurkan sejumlah produk baru yang high quality premium product, gencar berpromosi, menyelenggarakan beberapa event untuk menarik minat pasar, serta menjaga harga jual kembali (resale value) agar tidak jatuh dengan mendirikan Green Shop, dealer reseller Kawasaki.
Sebagai layanan purna jual, selain berpromosi above the line, KMI juga harus melakukan aktivitas below the line. Hal itu bukan semata-mata karena pertimbangan , tetapi juga sebagai langkah yang efisien dan lebih efektif serta lebih mendekatkan KMI dengan konsumen. Hal ini juga dapat dimaksudkan agar Kawasaki mendapat respon yang segera dari konsumennya, sehingga penaikan mutu produk dapat segera dilaksanakan. Konsumen mau membli produk apabila dilandasi kepercayaan bahwa produktersebut berkualitas dan ada jaminan pascajualnya.
KMI sebaiknya tidak terlalu idealis dengan motor sportnya, karena tidak dapat memenuhi keinginan banyak konsumen. Supaya kekuatan merk meningkat sebaiknya kawasaki melakukan perluasan pasar baik daerah maupun segmentasi pasarnya.
Adinda Siti Farida_08611001_3KPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar