Jumat, 24 April 2015

Resume Balita Bertanya Anda Menjawab

Diskusi HE-BPA Sulawesi
Sabtu, 18 April 2015

Balita Bertanya Anda Menjawab

Narasumber:
Ibu Pritha Khalida
Penulis buku Balita Bertanya Anda Menjawab

Host: bunda Septiana
Co-host: bunda Eka
Notulen: bunda Septiana

��������������������

�� Balita Bertanya Anda Menjawab ��

"Ma, bayi itu datangnya dari mana sih? Bisa ngga dibikin sendiri pakai tepung?"

"Kenapa kambing cuma makan rumput? Nanti nggak sehat. Kata Ibu kan kita harus makan ikan, ayam dan lainnya supaya sehat."

"Banci itu apa sih?"
.................................................

Assalamualaikum...
Ayah dan Bunda yang baik, pernahkah balita Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan di atas? Atau pertanyaan lain yang membuat kening Anda berkerut untuk menjawabnya. Bukan karena tidak tahu, tapi lebih ke tidak tahu bagaimana harus memberikan jawaban agar bisa dipahami oleh balita.

Balita berada dalam tahap perkembangan berpikir kongkrit. Dalam artian apapun yang diinformasikan padanya baru akan ia pahami jika bisa ia saksikan atau rasakan langsung, dan bukan sekedar teori. Hal ini juga yang membuat Balita senang mengeksplorasi lingkungan sekitar dengan menggunakan panca inderanya. Misalnya melempar mainan. Dengan melakukan itu, ia ingin tahu bagaimana bunyinya, bagaimana rupanya saat jatuh, baunya dan lain sebagainya. Sama sekali tak bermaksud nakal.

Para balita bertanya untuk mendapatkan penjelasan atas berbagai fenomena yang mereka lihat, dengar dan rasakan. Dunia ini tampak sangat luas dipandang dari mata mungilnya yang penuh rasa ingin tahu. Satu-satunya cara yang dirasa memungkinkan untuk mengetahui semua fenomena itu ya dengan Bertanya pada orang dewasa.

Sayangnya tak semua orang dewasa mampu, siap atau bersedia mendengar celoteh mereka dan menjawab keingintahuan yang besar itu. Tak jarang orangtua malah mengancam anaknya agar tak bawel. Akibatnya, anak akan jera bertanya padanya dan memilih orang lain, dimana jawabannya belum tentu benar. Atau sekalinya mrnjawab dengan jawaban bohong, yang akan mempermalukan si anak di kemudian hari. Akibatnya tak kalah fatal, anak kehilangan kepercayaan pada orangtua.

Ayah dan Bunda, tentu saya paham bahwa tidak setiap saat kita memiliki waktu luang, kemampuan yang memadai dan stamina yang prima untuk menjawab setiap pertanyaan buah hati. Ada kalanya kita lelah atau sangat sibuk.

Untuk itulah buku Balita Bertanya Anda Menjawab ini hadir. Sebagai salah satu alternative solusi dalam menjawab berbagai pertanyaan kritis balita. Ditulis berdasarkan survey pada sekitar 100 orangtua, InsyaaAllah buku ini relevan dalam menggambarkan sebagian besar pertanyaan anak2 di usia balita serta alternative jawaban yang bisa diberikan dan mudah dimengerti oleh balita.

Yuk jadi orangtua cerdas yang bersedia untuk selalu menambah pengetahuan guna ditransfer kembali pada buah hati saat mereka bertanya.

Wassalamualaikum,
Salam hangat,
Pritha Khalida.,  S. Psi
��������������������

Sesi Tanya Jawab

1⃣ Bunda Septiana
Bagaimana menjelaskan konsep kematian pd balita usia 2y8m. Yg baru tahu ttg hal2 yg nyata. Saat bapak sy meninggal bulan lalu, dia slalu bertanya kakung mana? Meninggal apa? Kok kakung boboknya di tanah? Saat saya jawab bhw kakung sudah pulang ke rmh Allah. Dia tanya, rmh Allah mana? Dia blm pnh bertanya ttg Allah. Tp saat dia tdk begitu jelas dgn jawaban saya dia akan mengulangi bertanya ttg kakungnya dmn krn dia tdk bs melihatnya. Begitu seterusnya. Apa yg hrs sy lakukan? Terimakasih ��

1⃣ Dear Bunda Septiana, untuk pertanyaan yg ini izinkan saya memotret salah satu halaman dalam buku #BalitaBertanyaAndaMenjawab yg membahas tema ini persis.

2⃣ Bunda Adinda
Assalmu'alaykum bunda pritha, anak saya 11m, jadi belum dapat pertanyaan seperti yg dicontohkan diatas �� biasanya usia berapa anak mulai bertanya hal2 tersebut?
Anak tetangga saya meyakini bahwa dia bisa bkin adik dari tepung dan sama ibu nya di aminkan dengan disediakan tepung terigunya. Nah apa akibatnya terhadap anak trsebut?
Adinda
Trimakasih

2⃣ Wa alaikumsalam Bunda Adinda.. Ini juga ada di buku bbam. Tepung pula yg dijadikan bahan. Saya jadi heran nih, kenapa ya kok orang bisa kompak bilang tepung sbg bahan pembuat bayi? ��

Jika seorang ibu atau ayahmemberitahu sesuatu dengan berbohong, akibat nya bisa bermacam2,Bu..
Orangtua itu kan panutan anak, tempat Bertanya dan mengadu. Anak awalnya sangat percaya pada orangtua mknya dia akan banyak bertanya. Jawaban orangtua akan dia simpan dlm memorinya. Suatu hari di kesempatan tertentu, dia akan mengeluarkan jawaban tsb dg bangga saat berinteraksi dg orang lain.

Dapatkah Ibu bayangkan jika kejadian itu menuai ejekan dan cemoohan dari orang yg mendengar? Anak akan malu dan sadar bahwa orangtua telah membohonginya.
Akibat yg palung mungkin adalah dia tak percaya lg pada orangtuanya.

Next, kl ada pertanyaan lg, dia akan bertanya pada orang lain atau bahkan mr. Google ✅

3⃣ Bunda Dian
assalamu alaykum bunda, ,,
sy mau brtanya mengenai materi grup "balita bertanya"
sya sekarang berdomisili di daerh mayoritas non muslim (manado), terkadang saya menerima pertanyaan dari anak teman misalnya yang berhubungan dengan keyakinan, misalnya kenapa om itu ndak sholat? terus dari jawaban yang muncul kadang ada pertanyaan lanjutan yang susah untuk dijawab krena harus di sesuaikan kosa katanya dengan seumuran balita. Terima kasih

3⃣ Wa alaikumsalam Bunda Dian..
Mulai saja untuk menjelaskan tentang perbedaan agama. Kita Islam, mereka bukan. Hanya islam yg memerintahkan shalat, agama lain tidak. Cara mereka beribadah ada yg ke gereja, pura dll. Dimana sebaliknya, kita juga tidak boleh mengikuti ritual agama lain.
Ajarkan anak untuk menghormati temannya yg berbeda agama misalnya dg tidak mengajaknya bermain di waktu temannya mau berangkat ke tempat ibadah dan semacamnya. Yg terpenting adalah tanamkan pd anak2 untuk tidak saling ejek perkara perbedaan agama ✅

4⃣ Bunda Eka
Pertanyaan sy, bagaimana cara memperbaiki jawaban yg diberikan oleh orang lain saat anak bertanya? karna terkadang jawaban yg diberikan oleh orang lain itu seadanyaa atau bahkan ngawur?

4⃣ Jelaskan dg bukti, Bunda Eka..
Misalnya kalau ada yg suka nakut2in tentang hantu di tempat gelap, ajak anak sesekali masuk ke kamar yg lampunya dipadamkan. Nyalakan senter kecil saja lalu ajak anak mengobrol apa saja atau bahkan curhat topik yg seru.
Ulangi bbrp kali sampai akhirnya kita bilang, gelap itu tak kalah asyiik kan dg terang?
Dan yg jelas nggak ada hantu di tempat gelap.. �� ✅

5⃣ Bunda Fani
Anak sy perempuan (5 th) kritis dan suka menanyakan hal apa saja kepada orang tua/anggota keluarga di sekitarnya. Namun, jika berhadapan dg orang lain, dia berubah menjadi pendiam dan pemalu. Padahal sebenarnya banyak hal yang ingin dia sampaikan. Bagaimana membangkitkan kepercayaan diri anak usia dini untuk bertanya/mengekspresikan pendapatnya kepada orang lain di luar keluarganya?

5⃣ Dengan teladan, Bunda Fani. Sering lah mengajaknya turut di berbagai acara yg anda atau ayahnya hadiri, dimana banyak orang di sana. Nggak usah yg formal juga, sekedar diajak arisan, pengajian atau silaturahim keluarga pun oke. Lalu tunjukkan bagaimana bunda menempatkan diri di situasi itu. Misal mencium tangan pada orangtua, bibi, lalu menyapa duluan seorang saudara sepupu. Jika di lingkup pengajian atau seminar, coba manfaatkan sesi tanya jawab untuk menjadi partisipan. Jika bunda bisa luwes dlm bergaul dan banyak memetik manfaat dari sikap tsb misalnta jadi banyak teman, anak akan tertarik untuk melakukan hal yg sama InsyaaAllah ✅

6⃣ Bunda Eli
Bagaimana menjelaskan ke anak pertanyaan yg memerlukan jawaban secara ilmiah..misalnya bagaimana terjadinya hujan,petir,pelangi dan yang lainnya..makasih

6⃣ Tentu saja dg jawaban yg ilmiah tapi sudah disaring ke dalam bahasa yg dimengerti balita, Bunda..
Misalnya ttg hujan. Saat cuaca sedang panas bunda tunjukkan pada anak bahwa air bisa berkurang dg cara menguap dan naik ke langit.
Air yg menguap itu berkumpul di ☁ sampai penuh dan awannya keberatan. Hingga akhirnya diturunkan ke bumi dlm bentuk hujan. Sederhana tapi nyata. ✅

7⃣ Bunda Septi
Bgmn menjelaskan ttg hal2 yg mereka dengar dr luar yg menurut kita belum pantas mereka tanyakan atau tdk pantas diucapkan di rmh spt kata "pacaran" "cerai" & kata2 umpatan yg dia tdk tahu artinya? Terimakasih

7⃣ Yang pertama sih jangan panik. Ini supaya anak tidak kaget, takut, bahkan merasa bersalah yg akhirnya malah bikin mereka ngomong di belakang dan pura2 jd anak baik di dlm rumah..
Selanjutnya kita tanya pelan, siapa yg ngomong begitu? Dengar di mana? Apa sih artinya?

Setelah anak mengungkapkannya, coba peluk dan katakan bhw kata2 itu sangat kasar dan akan bikin sedih n marah org yg mendengarnya. Allah pun tak suka. Jadi yuk tidak diulangi ya.. ✅

8⃣ Ayah Ricky
Sy srg ga bs jawab pertanyaan anak lelaki sy, krn ga tau gmn jelasinnya, sy hy blg sana tanya mama. Apa itu gpp? Sptnya byk ayah yg bgitu ya? Trims

8⃣ Beberapa waktu yg lalu saya dan suami mengikuti kajian dg tema ini. Sang ustadz mengatakan bahwa saat ini banyak ayah yg tidak menjalani peran sebagai ayah. Dlm artian, mohon maaf dia hanya berperan sbg 'mesin ��' yg membayar semua kebutuhan materi, sementara kebutuhan psikis dan spiritualnya tidak. Padahal semestinya tidak begitu. Jika diibaratkan sbg sekolah, ayah adalah kepala sekolah sementara ibu sebagai guru. Tugasnya ialah mengonsep visi misi, sementara ibu eksekusi.
Ayah tak harus ada 24 jam namun saat anak perlu, siap siaga ada untuknua meski hanya via tlp misalnya.
Kehadiran ayah penting untuk membangun sikap berani, sportif dan tegas, yg jarang bisa diperoleh dari ibu.
Jika para ayah tak pernah ada untuk puterinya, maka jgn salahkan jika ia mencari sosok ayah di luar dan berkencan dg pria yg menurutnya perhatian.
Jika sosok ayah tak pernah ada unyu puteranya, maka jangan salahkan jika kelak ia bersikap dan berperilaku seperti perempuan.
Demikian, ayah ricky. ✅

9⃣ Bunda Eka
Gmn membuat smangat bertanya anak tetap ada sedang terkadang lingkungan malas mnerima pertanyan2nya yg terlalu banyak dan berulang??(padahal kita ingin sbagai orang tua punya anak yg kritis)

9⃣ Tentu dg memberi respon positif, bunda eka.
Malas jika sesekali sangat manusiawi. Asal tidak sering.. Tentu kita yg orang dewasa saja tak suka jika diabaikan oleh orang lain, kan? Sebaliknya jika ada org yg merespon positif, kita biasanya senang dan ingin mengulang ngobrol dgnya. ✅

�� Bunda Fani
Ketika anak menanyakan suatu hal yg kita belum yakin dg jawabannya, lalu kita mengajaknya untuk mencari jawabannya bersama2, apakah bijak jika menggunakan media internet bersama dg anak dalam rangka menemukan jawaban pertanyaan tsb?
Khawatirnya besok si anak bisa langsung menggunakan internet untuk mengeksplor apa saja karena merasa bisa menemukan jawaban atas segala rasa penasarannya.

�� Boleh saja asal pastikan bahwa kita sudah memprotect koneksi Internet hingga mustahil muncul konten yg tidak layak dilihat anak.
Sekalian bikin perjanjian kpn saja anak boleh ber-internet. Pastikan waktu yg dipilig saat ibu%ayah ada di rumah jd tetap terkontrol✅
��������������������

Selasa, 21 April 2015

Bagaimana Mengenalkan sifat shiddiq Rasulullah kepada anak

ASSALAAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOH WA BAROKAATUH.....

Bismillahirrohmanirrohim..

Bunda-bunda solihah, in sya Alloh tema kita hari ini, selasa,21 April 2015

Bagaimana  Mengenalkan sifat shiddiq Rasulullah kepada anak

Sebelum memulai Diskusi, mari sama- sama kita pelajari artikel berikut ini:

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌۭ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًۭا
“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” [Al Ahzab 21]

Nabi Muhammad memiliki akhlaq dan sifat-sifat yang sangat mulia. Oleh karena itu hendaklah kita mempelajari sifat-sifat Nabi seperti Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh. Memang banyak sifat-sifat baik Nabi lainnya seperti sabar, rendah hati, lemah-lembut, dsb. Namun di sini kita fokus pada sifat yang 4 di atas. Mudah-mudahan dengan memahami sifat-sifat itu, selain kita bisa terhindar dari mengikuti orang-orang yang mengaku sebagai Nabi, kita juga bisa meniru sifat-sifat Nabi sehingga kita juga jadi orang yang mulia. Pada bagian ini kita akan membahas sifat shiddiq Rasulullah SAW.

Shiddiq
Shiddiq artinya benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya juga benar. Sejalan dengan ucapannya. Beda sekali dengan pemimpin sekarang yang kebanyakan hanya kata-katanya yang manis, namun perbuatannya berbeda dengan ucapannya.

Mustahil Nabi itu bersifat pembohong/kizzib, dusta, dan sebagainya.

وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ
Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya.

إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْىٌۭ يُوحَىٰ
Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya” [An Najm 4-5]

Bagaimana mengajarkan n membiasakan anak akan sifat shiddiq ini?yuk,mari kita diskusikan bersama..

Bagaimana Mengenalkan sifat shiddiq Rasulullah kepada anak

ASSALAAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOH WA BAROKAATUH.....

Bismillahirrohmanirrohim..

Bunda-bunda solihah, in sya Alloh tema kita hari ini, selasa,21 April 2015

Bagaimana  Mengenalkan sifat shiddiq Rasulullah kepada anak

Sebelum memulai Diskusi, mari sama- sama kita pelajari artikel berikut ini:

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌۭ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًۭا
“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” [Al Ahzab 21]

Nabi Muhammad memiliki akhlaq dan sifat-sifat yang sangat mulia. Oleh karena itu hendaklah kita mempelajari sifat-sifat Nabi seperti Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh. Memang banyak sifat-sifat baik Nabi lainnya seperti sabar, rendah hati, lemah-lembut, dsb. Namun di sini kita fokus pada sifat yang 4 di atas. Mudah-mudahan dengan memahami sifat-sifat itu, selain kita bisa terhindar dari mengikuti orang-orang yang mengaku sebagai Nabi, kita juga bisa meniru sifat-sifat Nabi sehingga kita juga jadi orang yang mulia. Pada bagian ini kita akan membahas sifat shiddiq Rasulullah SAW.

Shiddiq
Shiddiq artinya benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya juga benar. Sejalan dengan ucapannya. Beda sekali dengan pemimpin sekarang yang kebanyakan hanya kata-katanya yang manis, namun perbuatannya berbeda dengan ucapannya.

Mustahil Nabi itu bersifat pembohong/kizzib, dusta, dan sebagainya.

وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ
Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya.

إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْىٌۭ يُوحَىٰ
Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya” [An Najm 4-5]

Bagaimana mengajarkan n membiasakan anak akan sifat shiddiq ini?yuk,mari kita diskusikan bersama..

Bagaimana Mengenalkan sifat shiddiq Rasulullah kepada anak

ASSALAAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOH WA BAROKAATUH.....

Bismillahirrohmanirrohim..

Bunda-bunda solihah, in sya Alloh tema kita hari ini, selasa,21 April 2015

Bagaimana  Mengenalkan sifat shiddiq Rasulullah kepada anak

Sebelum memulai Diskusi, mari sama- sama kita pelajari artikel berikut ini:

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌۭ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًۭا
“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” [Al Ahzab 21]

Nabi Muhammad memiliki akhlaq dan sifat-sifat yang sangat mulia. Oleh karena itu hendaklah kita mempelajari sifat-sifat Nabi seperti Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh. Memang banyak sifat-sifat baik Nabi lainnya seperti sabar, rendah hati, lemah-lembut, dsb. Namun di sini kita fokus pada sifat yang 4 di atas. Mudah-mudahan dengan memahami sifat-sifat itu, selain kita bisa terhindar dari mengikuti orang-orang yang mengaku sebagai Nabi, kita juga bisa meniru sifat-sifat Nabi sehingga kita juga jadi orang yang mulia. Pada bagian ini kita akan membahas sifat shiddiq Rasulullah SAW.

Shiddiq
Shiddiq artinya benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya juga benar. Sejalan dengan ucapannya. Beda sekali dengan pemimpin sekarang yang kebanyakan hanya kata-katanya yang manis, namun perbuatannya berbeda dengan ucapannya.

Mustahil Nabi itu bersifat pembohong/kizzib, dusta, dan sebagainya.

وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ
Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya.

إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْىٌۭ يُوحَىٰ
Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan kepadanya” [An Najm 4-5]

Bagaimana mengajarkan n membiasakan anak akan sifat shiddiq ini?yuk,mari kita diskusikan bersama..

Senin, 20 April 2015

Emotional Competense pada Anak

�� Resume Kulwap IIP Sulsel#1��

Narsum: Triani Arfah (dosen psikologi Unhas)

��Prolog
Penelitian menunjukkan bahwa 20% keberhasilan seseorang ditentukan oleh potensi intelektualnya dan 80% pada kecerdasan emosinya. Kecerdasan emosi menentukan cara individu untuk berperilaku dan berespon secara tepat pada lingkungan sosialnya, meliputi kemampuan ia mengenali emosi diri, emosi orang lain, cara mengatur kemunculan emosi (self control) dan kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan tersebut hendaknya dimiliki oleh setiap individu,tidak terkecuali anak-anak. Masa anak anak adalah waktu yg tepat untuk dapat mengajarkan hal tersebut,krn anak-anak sudah mulai mengrnal dunia diluar dirinya ( ligkungan sosial) sehingga mereka diharapkan mampu bertindak secara tepat di lingkungan sosialnya.

Tema kita malam ini adalah emotional competence.. emotional competence itu sendiri merupakan kemampuan yang dapat digunakan individu untuk dapat berperilaku tepat di lingkungannya.. meliputi kemampuan mengenal emosi diri, mengatur kemunculan emosi, memahami emosi orang lain dan berinteraksi dengan orang lain.

Kemampuan tersebut penting dimiliki oleh anak-anak kita mengingat lingkungan sosial mereka semakin luas, sehingga diharapkan ketika mereka mulai masuk ke lingkungan sosialnya mereka sudah siap. Hanya saja tidak semua anak siap dan memiliki kematangan emosi untuk menghadapi lingkungan sosialnya. Maka
Tugas orang tua untuk melatihkan pada anak sesuai dengan tahap perkembangannya..

��Tanya Jawab��
1⃣Apa beda emotional intelligence dengan emotional competence?
-Nesri IIP Bogor-
1⃣ emotional inteligence adalah kapasitas kemampuan mengelola emosi. (Sifatnya masih berupa potensi) ada kemingkinan digunakan atau tidak digunakan, sementara kalau emotional competence sudah berupa perilaku penggunaan kemampuan/potensi tersebut (fungsi dari kognitif, afeksi,psikomotor)✅

2⃣assalamualaikum.
"bagaimana cara mendidik anak agar bisa memiliki kecerdasan emosional"
Bunda azka
trimakasih ��
2⃣ tahap pertama mereka memahami macam2 emosi: dgn cara labeling, ketika ibu mengekspresikan perasaan senang katakan ' ibu sedang senang ' dengan ekspresi senang. ketika sedang sedih katakan secara verbal ' ibu sedih' dgn ekspresi sedih, dgn demikian anak akan memahami macam2 emosi ✅

2⃣ tahap pertama mereka memahami macam2 emosi: dgn cara labeling, ketika ibu mengekspresikan perasaan senang katakan ' ibu sedang senang ' dengan ekspresi senang. ketika sedang sedih katakan secara verbal ' ibu sedih' dgn ekspresi sedih, dgn demikian anak akan memahami macam2 emosi ✅

3⃣ Apabila anak mengalami bullying seperti uangnya di minta kl ga mau dikasih akan di pukul. Pada kondisi itu Sikap yg seperti apakah yg menunjukkan kl anak kita sdh memiliki kecerdasan emosional?  Karena saya juga bingung untuk kasih saran, apakah menganjurkan anak tuk menasehati temannya dan bila temannya tetap memaksa si anak di biarkan saja tuk melawan,atau melaporkan perilaku temannya itu ke gurunya.
Bunda ririn
3⃣ tdk perlu menasehati tp anak harus diajarkan untuk asertif, mengungkapkan apa yg dipikirkan dan dirasakannya kepada temannya. Misalnya mengakan ' saya tidak suka dimintai uang terus menerus' . Ada kemungkinan anak kurang terlatih untuk itu sehingga sering jadi korban buliying✅

4⃣ Nama saya bunda ratna,  saya punya 2 anak yg pertama usianya 5.5thn yg kedua 4thn, anak pertama saya sering bertengkar dgn adeknya dan setiap bertengkar selalu menangis dan memukul adeknya sdh sering kali di beritahu tetap saja tdk berubah,  kebiasaan memukulnya itu yg meresahkan...  Bgmn menghilang kebiasaan memukul itu.
Tidak hanya adeknya yg dipukul malah seringkali saya pun dipukul bila keinginan nya tdk terpenuhi dan kebiasaan memukul itu sekarang mulai ditiru oleh adeknya.
4⃣untuk pertanyaan ini saya harus tanya lebih lanjut, apakah ada kecenderungan kakak melakukan hal tersebut karena cemburu pada adik? Atau apa pemicunya? Atau dia melakukan hal tersebut karena sulit mengungkapkan emosinya sehingga ketika marah dan tidak nyaman maka ia akan mengekspresikannya dengan tindakan memukul?
Pada Usia 5,5 tahun  penanaman moral sdh hrs dilakukan, dia sudah mulai harus diajarkan mengenai empaty, bunda bisa menulainya dengan menceritakan dongeng2 menenai moral dan penanaman disiplin dirumah agar anak tahu apa yg boleh dan tidak boleb dilakukan ✅

5⃣Titip tanya bunda,tp sy krg ngeh ini termsk dlm pembhsan iip1 tdk ya?

Saya ingin mengubah emosi sy terutama pada anak nmr 2,umur 4thn,ntah kenapa sy sll emosi melihat tingkahnya,sampai sy pernah berteriak didepannya... Tp sy tdk mau spt itu lagi... Hanya saja klo sy sabar2in anak saya,eh kok banyak maunya... Dan sy jg msh ada anak nmr 1 dan 3 yg umurnya 6th dan 10bln yg jg hrs sy perhatikan.
Nah...sy jg mau merubah sikap sy yg emosi ke anak kedua,krn si kk jg sdh mulai terikut spt sy klo marahi adik nmr 2nya.. Jd seakan2 anak nmr 2 tuh "nakal" dimata kknya... Sy tdk mau spt itu terus... Mhn pencerahan :) makasih...
5⃣mungkin kita mulai dari hakikat menjadi orang tua, mengenai penghayatan bunda sebagai orang tua, (apakah itu tugas,amanah, beban, atau berkah )Orang tua akan membentuk hubungan yg erat dgn anak ketika mereka mencintai anak sebagai 'org yg spesial'. Iklim psikologis ini akan membuat anak merasakan cinta orang tua mereka. Menjaga cinta berarti mengasuh dengan lembut, menghargai anak karena keberadaannya. Hal ini hanya akan muncul ketika bunda melihat anak sebagai sosok yang spesial dan tersayang walaupun terkadang bunda tdk menyukai tingkahnya. Anak dicintai karena mereka ada sebagai individu yang unik, tanpa sekat,tanpa standar untuk dipenuhi.✅

6⃣Bunda triani...mengapa yah ketika anak masih berumur 1 - 2 tahun,emosinya Smudah sekali terbawa..kadang kalo liat anak yg lain menangis biasanya ikutan menangis juga??
Bunda eli
6⃣itu reaksi wajar yang dialami bayi. Tahap perkembangannya dinamakan sensori -motor (0-2 thn). Pada masa bayi mereka melihat paling jelas 8-10 inci,indra yang paling sensitif adalah pendengaran, ia dapat mendengar paling baik dlm jangkauan manusia, mereka mengenali suara ibunya. Ketika menangis saat mendengar suara bayi lain menangis itu, bukan karena adanya perasaan emosional didalam dirinya namun itu bentuk responnya terhadap stimulus dari luar (suara bayi), ada stimulus melalui indra ia langsung merespon. sama halnya ketika ia merespon eskpresi wajah ibunya yang tertawa atau  mengedipkan mata. ✅

7⃣Assalamualaikum bunda Triani.sblum qt mengajarkan anak u memahami kcerdsan emosional trlbh dahulu bundanya yg hrs bisa mpraktekan...gmn cranya bgi org tua yg sring meluap2 emosinya bs sdkit mrubah perilaku negatif tsb agr tdk menular k buah hatinya.mkasih bunda
Bunda dipto
7⃣penting untuk org tua memiliki self control untuk dapat mengatur kemunculan emosi, krn sering kali bunda dihadapkan pada situasi yg memicu emosi negatif. Setiap individu hrs memiliki coping stress (cara yg dilakukan individu ketika mengalami emosi negatif) akan sangat berbeda2 setiap org, ada yg berdiam di kamar, jalan2, bergerak, mengaji, mendengarkan musik dls) Ketika sudah merasakan perasaan marah atau kesal tahan diri, hitung 1 sampain 10 baru bereaksi, dan lakukan copying stressnya.. ✅

8⃣ Pertanyaan 'kecerdasan emotional'...' Stimulasi apa saja yang bisa diberikan untuk memaksimalkan kecerdasan emosi seorang anak?'

Pertanyaan (2) Berdasarkan perkembangan normal anak... Secara garis besar INDIKATOR apa saja yang bisa dipakai untuk menyatakan bahwa seorang anak sdh 'berhasil' mencapai perkembangan emosi yang optimal. Trims ��
Bunda Misra-iip sulsel2
8⃣untuk tahap awal emotional competence anak hrs mengenal macam2 emosi, sehingga ketika dia merasakan suatu emosi tertentu ia bisa melabel emosi yg dirasakan..5 tahun pertama usianya adalah wkt yg tepat untuk melatihkannya. orang tua dpt membantunya dgn beberapa langkah:
1. Org tua mengenali emosi yg dirasaka anak. (Menangkap perasaan anak)
2. Ketika anak merasa senang, kesal, bahagia atau emosi tertentu, inilah wkt yg tepat mengajarkan untuk bgmn mengungkapkannya secara tepat (mengekspresikan emosinya)
3. Org tua 'mendengarkan aktif' dgn 'empati' dan mengkonfirmasi perasaan tersebut kpd anak. Misal: 'tampaknya ade sedang kesal sama bunda karena tdk dibelikan mainan' org tua bisa salah dlm merefleksikan emosi anak, ini gunanya kita mengkonfirmasi kepada anak, jika apa yg kita ungkapka tdk sesuai dengan perasaan anak, maka anak akan menunjukkan dan memperbaiki kesalahan interpretasi org tua dgn menjelaskan kembali secara detail, org tua dpt trs mendengarkan secara aktif.
4. Org tua membantu melabeli perasaannya secara verbal. Anak mungkin bingung dgn apa yg dirasakannya. Melabel perasaan berarti mengidentifikasi perasaan, memberi 'sebuah kata' pada anak untuk emosi yg kuat dan bukan mengatan pd anak bgmn merasakannya. Ketika anak sudah dpt memberikan label pada perasaannya maka ketegangan pd syarafnys akan lebih menurun.
(Modifikasi: memperkenalkan macam2 emosi bisa menggunakan simbol gambar, yg dibawahnya tertulis nama emosinya atau bunda bisa mengembangkan cara2 lain)
5. Org tua dapat memberi batasan ketika membantu anak mengatasi masalah. (Pengekspresian emosi harus di konntrol dan ada batasannya)org tua tidak membatasi perasaan anak tp pengungkapannya yg hrs ada batasan. Misal: kemarahan dapat diterima tapi memukul saudara tidak dapat diterima. Org tua membantu anak memikirkan tindakan yg mungkin dpt dilakukan untuk menunjukkan perasaan dan cara mencapai tujuanya dlm situasi tersebut.

Indikatornya akan sangat berbeda2 sesuai usianya tp secara umum anak sudah dapat mengungkapkan apa yg dirasakan beserta alasannya, bertindak dengan mempertimbangkan emosi org lain (empati) misal ketika kesal anak akan menyampaikan/mengungkapkan kekesalanya tp tdk memukul krn ia tau itu akan menyakiti org lain. ✅

9⃣ Pertanyaan: bunda sy punya ponakan usia 3,4 tahun. Belum mampu mengelola emosinya, seperti kalau kenginan tdk terpenuhi maka dia akan menangis, berteriak, mengata2i orng disekitarnya dng teriakan 'orang gila' atau bahkan jk bermain dng adiknya tp sang adik tdk mau berbagi kadang langsung memukul atau meludah. Sudah sering diberitahu bahwa hal tsb tdk bagus, kalau marah jangan bgitu tp sampaikan ke ummi.. Tp blm berhasil. Dan parahnya kadang umminya menghukum sang anak.. Gimanaa solusinya ya bunda..

Terimakasih bunda/ arma ummu aira.
9⃣ ada kemungkinan anak tidak menerima pesan bunda sehingga ia mengulangi perbuatannya lagi. Pada saat ia marah bundanya bisa menggendongbya atau sekedar mengusap punggungnya untuk nenenangkan emosinya terlebih dahulu. Kemudian Gunakan 3 tahapan ini:
1. Katakan dulu emosi yg bundanya rasakan
2.pernyataan perilaku yg kongkret yang menyebabkan org tua merasakan hal itu,
3. Pernyataan yg menjelaskan alasan mengapa perbutan tersebut tidak disukai.
Misal : anak memukul/meludahi adik. Katakan 'bunda sedih jika kamu memukul dan meludahi adik, karena itu bisa melukai adik yg masih kecil.
Beri dia ruang untuk mengungkapkan apa yg dirasakan secara verbal.

Ketika dia sudah dapat melabeli emosinya dlm bentuk verbal dapat membantu menenangka urat syarafnya
Tambahan dan penting: ketika menyampaika pesan, Tatap matanya dan berikan sentuhan/usap punggungnya untuk meredakan emosi negatifnya dan memberikannya kenyamanan✅

��  Emotional competence itu seperti apa? Bgm ciri2nya?
Dan cara mengatasinya
Bunda anti-iip sulsel2
1⃣0⃣ emotional competence itu kecakapan yg dimiliki individu untuk mengatur pikiran, perasaan dan perilakunya sehingga bisa bertindak secara tepat di lingkungannya. Seseorang yg memiliki emotional competence, bisa memahami emosi yg dirasakan dirinya secara tepat, memahami emosi orang lain, juga dapat mengatur kemunculan emosinya di lingkungannya. Pada anak2 di mulai dengan pengenalan macam2 emosi, kemudian anak bisa melabel emosi yg dirasakannya secara tepat, bisa merasakan emosi org lain sehingga anak bisa mengungkapkan emosinya di lingkungan secara terpat. Emotional comptence bisa diajarkan org ta kepada anak, dimulai dengam pengenalan macam2 emosi hingha anak dpt mengekspresikan emosinya secara tepat di lingkungannya.✅

1⃣1⃣ Saya Mom Happy, ibu dgn 2anak balita umur 2th dan 4th
Yg mau sy tanyakan gmn cara memunculkn kecerdasan emosi pada anak?
Bunda Happy-iip sulsel2
1⃣1⃣ untuk anak usia 2 tahun masih pada tahap pengenalan macam2 emosi, bunda secara aktif memperkenalkan ekspresi2 emosi yg dirasakan bunda secara verbal, anak akan menangkap ekspresi emosi tertentu beserta dengan label dari ekspresi tersebut. Bunda juga bisa menggunakan media dongeng untuk mengenalkannya,ketika tokoh di dongeng meraskan emosi tertentu,.bunda bisa bercerita dengan penuh ekspresi sehinga anak bisa menangkapnya✅

1⃣2⃣ [21:19 18/04/2015] ‪+62 812-4225-3357‬: Assalaamu alaikum, umm. Anak pertama sy 2 thn. Msh sdkit kata2 yg bisa diucapkan. Klo ada keinginannya trus tdk dipahami ya nangis smbil tiduran di lantai. Sbnrnya sy paham tp sy sengaja spy dia berucap bukan menunjuk sj. Dan akhir2 ini super cengeng, mgkin krn abis sakit. Malah nangis klo adekx yg 5 bln disusuin. Klo dlm keadaan spt itu sy bingung mesti bgmana. ������.
Dia jg sering nampar adekx trus tertawa2 dan diulang2. Tp kadang jg dia mencium adekx dgn kasih sayang.
Maaf klo seandaix gak nyambung sm temanya umm. Terima kasih,. Wassalamu alaikum
Hj. Vinar-iip sulsel2
1⃣2⃣ anak masih membutuhkan banyak perhatian dr bunda, apalagi dia punya adik dan mungkin merasa perhatiannya berkurang padanya sehingga seringkali cari2 perhatian. Ketika dia merajuk jgn didiamkan krn anak akan mencari cara lain untuk membuat bunda memperhatikannya. Kalau sebelumnya cuma menangis di lantai nanti mungkin bisa sambil melempar barang. Dlm kondisi emosional anak akan sulit mengunhkapkan perasaannya, tenangkan ia dulu dgn mengendong, mengelus pundak, memberi minum dan sentuhan2 lembut (dgn memperhatikannya bukan berarti kita menuruti keinginannya, memberikan sentuhan bertujuan untuk menstabilkan kondisi emosinya,memberikan lbh banyak emosi posif, menenangkan anak) ketika anak sudah tenang baru bunda bisa mengajaknya berkomunikasi.✅

1⃣3⃣Asslkm. Bunda...anak sy umur 2bln lbih..kira2 apa yg sebaikx sy lakukan utk menstimulasi perkembangan otaknya pd usia ini??
Bunda erna-iip sulsel2
1⃣3⃣ bunda bisa mengoptimalkan fungsi-fungsi indranya terlebih dahulu agar anak siap masuk ke fase perkembangan berikutnya.misalnya bayi diberi mainan yg berwarna dan bergerak, diperdengarkan berbagai macam bunyi, dicicipi berbagai rasa seperti manis, asam, pahit, asin, disentuhkan pada  benda yg hangat, dingin  dan lain sebagainya. Selain itu bunda bisa memberikan mainan unuk menstimulasi fungsi  otot. Banyak bercerita dan mendongeng, juga bisa membantu menstimulsi otak anak.✅

Host : Ummu syahid
CoHost : Ummu Salman
Admin: Bunda Rahma

Kembali kepada urusan yg pertama kali

Resume diskusi HSMN grup 1
Pemateri :  Mbak Ary dan Mbak Maya (admin HSMN)

Waktu : Sabtu, 18 April 2015
jam 20.00 -21.30
Moderator : 
1. Bu Echi
2. Bu Yulia_
Notulen      :  Farida widiastuti

Bismillah

"Sesunguhnya agama di sisi Allah adalah Islam.." (QS. Ali imran:19)

✊✊Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam mengingatkan akan fitnah besar. Fitnah itu ada dua:
fitnah syahwat dan
fitnah syubhat.

Fitnah syubhat adalah fitnah mengikuti hawa nafsu
kesamaran belaka tanpa mengikuti dalil. Sedangkan fitnah syahwat adalah fitnah yg membuat kita tertipu dng dunia, kedudukan, jabatan, harta dan wanita. Maka, ketika terjadinya fitnah itu Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam menyuruh kita untuk kembali kepada Islam yg murni yang telah beliau wariskan kepada para Shahabat ridwaanullaahi 'alaihin ajma'iin.

✊✊Disebutkan dalam satu hadits dr shahabat Abu Waqid al-Laitsi radhiyallahu 'anhu, Ia berkata, "Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda sementara kami sedang duduk2 diatas sebuah tikar. 'Sesungguhnya akan terjadi fitnah'. Para shahabat bertanya, 'Apa yang harus kami perbuat?' Lalu Beliau meletakkan tanyannya ke tikar dan memegangnya dan kuat lalu bersabda, 'Lakukanlah seperti ini!'
Suatu hari Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam menyebutkan kpd para shahabatnya, 'Sesungguhnya akan terjadi fitnah.'  Tetapi kebanyakan shahabat tidak mendengarnya, Maka Mua'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu berkata, apakah kalian tidak mendengar perkataan Rasulullah?' Mereka bertanya, 'apakah yg disabdakan Rasulullah?' Beliau bersabda, 'Sesungguhnya akan terjadi fitnah. 'Mereka bertanya 'bagaimana dengan kami wahai Rasulullah? Apa yang harus kami lakukan?"

Beliau shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda, "Hendaklah kalian kembali kpd urusan yg pertama kali!" (Shahih HR. Thabrani dlm al-mu'jamul kabir no. 3307 dan dlm mu'jamul Ausath no.8679).

Yang dimaksud dengan "kembali kepada urusan yg pertama kali" ialah kembali kpd
Al Qur'an
As Sunnah ,
menurut pemahaman Shahabat.

Demikian sekilas pembukaan, semoga dapat bermanfaat, dan bs menjadi hujjah bagi kita semua dihadapan Allah.. ✅ Para Shahabat radhiallahu ‘anhum adalah manusia yang paling dekat dengan zaman kenabian sehingga mereka adalah kaum yang menyaksikan turunnya ayat-ayat Al-Qur`an dan mendengarkan langsung keluarnya hadits-hadits dari mulut Ar-Rasul. Ayat-ayat Al-Qur`an turun di depan mata-mata mereka, hadits-hadits Nabi keluar saat kehadiran mereka. Maka mereka adalah manusia yang paling tahu tentang Al-Kitab dan As-Sunnah dibandingkan orang-orang yang datang setelah mereka, mereka mengetahui bahwa ayat ini maknanya begini, cocok dipakai pada kejadian begini atau ayat ini terhapus hukumnya dengan ayat ini atau hadits ini, dan mereka mengetahui bahwa hadits ini, keluar pada kejadian A sehingga tidak cocok bila dipakai pada kejadian B dan demikian seterusnya.Secara umum, keadaan para shahabat sebagaimana keadaan Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, beliau berkata:

وَالَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ, مَا أَُنْزِلَتْ سُوْرَةٌ مِنْ كِتَابِ اللهِ إِلاَّ أَنَا أَعْلَمُ أَيْنَ نُزِلَتْ, وَلاَ أُنْزِلَتْ آيَةٌ مِنْ كِتَابِ اللهِ إِلاَّ أَنَا أَعْلَمُ فِيْمَنْ أُنْزِلَتْ, وَلَوْ أَعْلَمُ أَحَدًا أَعْلَمَ مِنِّي بِكِتَابِ اللهِ تَبْلُغُهُ الْإِبِلُ لَرَكِبْتُ إِلَيْهِوَفِي رِوَايَةٍ : وَمَا مِنْ آيَةٍ إِلاَّ أَنَا أَعْلَمُ فِيْمَا نَزَلَتْ

Demi yang tidak ada sembahan yang haq selain Dia, tidak ada satupun surah dalam kitab Allah kecuali saya mengetahui dimana turunnya dan tidak ada satupun ayat dalam kitab Allah kecuali saya mengetahui kepada siapa turunnya, seandainya saya mengetahui bahwa ada yang lebih berilmu dari saya tentang kitab Allah yang (tempatnya) bisa dicapai oleh onta, maka saya akan mengadakan perjalanan kepadanya”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain : “Tidak ada satupun ayat kecuali saya mengetahui pada kejadian apa dia turun”. (HR. Muslim)
Dalil alquran dan dr hadita juga banyak yg menyebutkan bahwa para sahabat adalah generasi yg terpercaya yg kita bisa mengambil ilmu dr mereka.
-----prolog selesai-----
Pertanyaan :
1. Bu fika
Saya mau bertanya...
Pedoman kita jelas alquran dan hadits , nah utk zman saat ini banyak hal yang di ambil rujukan dari alquran di tafsirkan mnurut hawa nafsu nya , bagaimana cara kita mengetahui kebenaran trsebut? Karena di sebagian orang ada yang mempergunakan ayat ayat Allah untuk di perjual belikan dan mengikuti hawa nafsu semata. Terutama zaman sekarang banyak bermunculan buku buku yang di susupi unsur syubhat. Nah ini bagaimana cara kita mengetahui yang benar nya? Maaf panjang lebar . Jazakillah
Jawaban:
1. Bu Maya : Saya ambil kisah dulu ya, zaman sepeninggalan Rosul, aa yg berusaha menyebarkan perkataan2 yg katanya dari Rosul. Misalnya saja perkataan : "Terong adalah obat segala p3nyakit". Karena pd zaman itu, msh hidup para tabi'in, mereka pun tau hal tsb bukan perkataan Rosulullooh. Karena guru2 mereka, yaitu para sahabat tdk menemukan perkataan tsb berasal dr lisan Rosulullooh.
Dari generasi tabi'in ke tabiut tabi'in, s3jumlah ulama terus mempelajari ilmu hadits, terus menelusuri kebenaran sebuah hadits, dg standar2 tertentu.
Lalu ilmu pun terus berlanjut ke ulama2 stl tabiut tabi'in. Mereka sudah menuliskan semua hasil jerih payah, pengorbanan (bahkan ada yg rela membujang demi ilmu) dalam kitab2 mereka,
Alhamdulillaah, kitab2 para ulama ini sebagia  masih bisa kita baca hingga saat ini.

Agar mengetahui tafsiran yg benar, maka kewajiban kitalah mengkaji, mempelajari kitab2 para ulama. Menuntut ilmu agama.
Demikian ummu jihad.✔
Bu Fika ‬: Jazakillah um jawaban nya . Nah itu zaman dulu dulu bu may , kalau zaman skrg? Apa lagi di akhir zaman ini . Zaman penuh fitnah , yang benar jadi salah yang salah jadi benar.
Bagaiamana cara kita menyikapi nya?

Apa lgi hal yg mengikuti hawa nafsu.. Ktika kita sampaikan kebenaran .. Malah di logika kan . Tolak ukur kebenaran berdasarkan alquran dan hadits . Kemudian masing maaing mengklaim kebenaran nya , apa lgi yg menyangkut bab fiqih . Itu bagaimana bu?
Jawaban :
Bu Ary‬: Kembali berpegang kepada standar hukum islam umm jihad Jika diantara kita terjadi perselisihan kembalikan kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan tanyakan kepada ahli ilmu...
Standar hukum islam jelas
Al Quran
As sunnah
Bagaimana praktek keduanya, dijalankan dengan benar
pemahaman shahabat
✅☺
Bu Maya‬: Pertanyaan studi kasus
(Door prize)
Dimanakah Allooh?
Jelaskan
Jawaban :
Bu Ary ‬: Sekarang ini syubhat banyak, bahkan sudah menyangkut masalah aqidah.
Diantaranya ada pertanyaan bu Maya, yaitu dimana Allah? Bila tidak mengikuti dalil dan pemahaman sahabat, maka akan terseret arus syubhat.
Diantara yg kau ditunjukkan bu Maya adalah kembalikan semua kepada dalil.
Jawaban :
Bu Maya‬:
1.Ada yg mengatakan bahwa Allooh dimana2.
2. Ada yg mengatakan Allooh dekat, bahkan lbh dekat dr urat leher kita
3. Allooh bersemayam di arsy

Yg mana yg benar?
Bagaimana cara mengetahui yg benar?
Cara mengetahuinya, adalah dg melihat dalil, dg pemahaman yg benar.
Bagaimana?dg memilih kitab rujukan yg shahih.
Utk kasus di atas, kita bisa membuka kitab hadits shahih bukhori/muslim.
Dalil dr alquran pun, harus yg pemahamannya benar, bukan ditafsirkan seramoangan menurut logika. Kita bisa membuka tafsir ibnu katsir utk mengetahui penjelasannya. Dl surat Thoha Allooh berfirman: "Arrohmaanu 'alal 'arsyisy tawaa"
Zat yg Maha Kasih itu beesemayam di atas Arsy.
Bagaimana penjelasan ayat ini?
Para ulama tdk menganalogikakan kata "bersemayam". Tidak juga mengasosiasikan, atau mengganti dg perumpamaan.
Inilah yg dimaksud dg "kembali ke permasalahan awal" yaitu merujuk kepada kitabullooh dan sunnah nabiNya, dg pemahaman yg benar.✅
Bu Ary : Soal 2, terkait dengan syubhat yg lalu : Bolehkah merayakan milad Fathimah?‬:
Syubhat 1 : saya mencintai fathimah. Kaidah fikih asal
Dalam hal agama, semua adalah haram sampai ada dalil yg menghalalkan.
Dalam hal muamallah, semua adalah halal, sampai ada dalil yg mengharamkan. Qs al ahzab: 21
Apakah mereka mempunyai sesembahan-sesembahan selain Allah yg mensyariatkan untuk mereka agama yg tidak diijinkan Allah?
‬Barangsiapa membuat perkara baru dalam agama kami yang tidak ada asalnya maka perkara tersebut tertolak. (Hr. Bukhori dan muslim, shohih)
Contoh implementasi dikalangan sahabat:
1. Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam tidak pernah merayakan milad fathimah
2. Para sahabat tidak pernah merayakan milad fathimah 3. 3. Bahkan Ali radhiyallahu anhu sebagai pendamping hidup beliau, tidak pernah sekalipun riwayat merayakan milad fathimah. Padahal mereka adalah orang yang paling mencintai Fathimah radhiyallahu anha..
Contoh implementasi untuk syubhat milad Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam
para shahabat ridwanallahu ajma'in adalah org2 yg paling cinta pada Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam. Misalnya rela badan mereka luka, asal bukan Nabi..

Dalam shohih bukhori diceritakan, bahwa shahabat itu berebut ludah nabi, air sisa wudhu nabi..
Dihadits yg lain juga diceritakan ada seorang sahabat perempuan yg kehilangan suami, anak dan ayahnya dalam suatu peperangan. Namun ketika beliau mengetahui Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam masih hidup, cobaan itu tidak berarti. Begitu cintanya beliau pada Nabi, Dalam riwayat yg lagi seorang sahabat khubaib yang sedang ditawan, ditanya oleh yg menawan  apakah kamu rela posisimu digantikan oleh Muhammad?
Maka dijawab: Tidak! Jangankan menggantikan posisiku. Nabi terkena duri saja aku tidak rela. Dari 3 contoh tsb menunjukkan dalamnya kecintaan shahabat kepada Nabi shallallahu ' alayhi wa sallam.
Namun tidak ada satu shahabatpun yang merayakan milad Nabi sebagai bukti kecintaan.
Catatan: berebut ludah dan air wudhu Nabi, hanya berlaku pada Nabi shallallahu 'alayhi wa sallam.
Sedang setelah Nabi wafat, tidak ada lagi yg diperlakukan demikian. Tidak juga
Abu bakar
umar bin khothob
utsman bin affan
Ali bin abi thalib
dan shabat2 lainnya,
Shahabat adalah orang yang paling mencintai Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam..
Ttapi mereka tidak berdiri untuk menyambut Rasulullah, krn mereka tahu Rasulullah tidak suka diperlakukan demikian.
Jadi mencintai dengan benar
Sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul..
Janganlah berlaku ghuluw/berlebihan..
Sehingga khawatir menyangka org sholeh tersebut mempunyai sifat ilahiyyah..
Yg akan membuat terjatuh paling dalam pd kesyirikan..

Bagaimana Mengajarkan Rukun Iman Pertama Kepada Anak?

Pesan utama dan pertama Luqman kepada anaknya, yang diabadikan di dalam Al Quran adalah Laa tusyrik billah, janganlah mempersekutukan Allah. Aqidah yang lurus, Tauhid kepada Allah, benarnya keimanan kita kepada Allah menjadi kunci kebahagiaan hidup kita dunia akhirat. Dan kita sebagai orang tua, mendapatkan amanah dari Allah berupa anak yang harus kita didik dengan tepat. Nah, pendidikan yang pertama dan utama adalah terkait aqidah. Ya, rukun Iman.

Kali ini kita akan membahas rukun iman pertama – iman kepada Allah. Apa dan bagaimana kita mengajarkan rukun iman pertama ini kepada anak? Nasehat ini disampaikan oleh Ust Abdullah Zein, MA Hafidzahullah dalam Kajian Keluarga Islam.

MENJELASKAN BAHWA ALLAH ITU ADA

Ketika kita ingin menjelaskan kepada anak bahwa rumah itu ada, pohon itu ada, sepeda itu ada; sangatlah mudah. Mengapa? Karena anak bisa dengan mudah melihat, meraba, bahkan memakainya. Tapi, bagaimana kita menjelaskan bahwa Allah itu ada? Ya, inilah kewajiban kita sebagai orang tua, dan tantangan yang harus kita persiapkan. Apa jawabnya? Ya, kita menjelaskan keberadaan Allah dengan cara melihat makhluk ciptaan Allah.

Saat kita jalan-jalan sore bersama anak, tunjukkan anak keberadaan langit di atas. Tanyakan kepada anak, “Nak, langit itu siapa yang menciptakan ya?”. Begitu juga kala melihat gunung, sungai, awan, pohon, air; “Siapa yang menciptakan ya?”.

Boleh juga menggunakan analogi, “Nak, rumah kita itu apakah tiba-tiba ada atau dulunya ga ada? Tiba-tiba berdiri kokoh, atau ada tukang-tukang yang ngerjain?”. Nah, jika rumah saja ada yang membuat, tidak serta merta ada; bagaimana dengan sesuatu yang lebih besar dan rumit pembuatannya dari rumah? Gunung, sungai, laut? Apakah manusia bisa membuatnya? Pasti yang membuat adalah yang lebiiiih besar dan hebaaat dari manusia. Siapa? Allah Swt.

Kita pun bisa menggunakan cara melihat keteraturan alam semesta ini. Misalnya, “Nak, kenapa ya bulan munculnya selalu malam, koq ga pernah ketuker sama matahari?”, “Nak, kenapa ya bintang-bintang itu ga ada yang saling bertabrakan?”. Kenapa? Karena ada yang mengatur. Sebagaimana lalu lintas, ada polisi lalu lintas yang mengatur jalan supaya tidak banyak terjadi tabrakan, maka begitulah juga Allah yang mengatur alam semesta ini.

MENJELASKAN SIFAT RUBUBIYAH

Kita harus meyakini bahwa Allah adalah satu satunya PENCIPTA dan PENGATUR alam semesta (Meyakini kekuasaan Allah Swt). Kita juga harus meyakini bahwa Allah adalah satusatunya PEMBERI RIZKI kepada ciptaan-Nya. Kita pun harus meyakini bahwa satusatunya yang MENGHIDUPKAN dan MEMATIKAN adalah Allah Swt.

Bagaimana menjelaskan kepada anak? Gunakan cara dialog. Ajak anak wisata ke suatu tempat, ke laut misalnya. Ajak anak menyaksikan luasnya samudra yang di dalamnya terdapat aneka ikan, dan makhluk cantik di dalamnya. Ajak anak menyaksikan gunung yang kokoh, atau gunung yang tengah meletus. Sampaikan bahwa semuanya itu diciptakan dan diatur oleh Allah.

Salah satu kesalahan fatal dari orang tua terkait masalah ini, “Mah, mengapa gunung Merapi meletus?”, tanya anak. “Karena Sing Mbaurekso lagi marah, nak!”. Atau ditanya, “Koq panen kita sedikit ya, Pak?”. “Karena Nyi RORO Kidul lagi nesu nak!”. Orang tua masih belum yakin bahwa segala sesuatu di bumi ini diatur oleh Allah; bagaimana mereka akan meyakinkan anak tentang hal ini?

Cara menjelaskan rububiyah Allah, yaitu terkait Allah pemberi Rizki, dengan menanyakan kepada anak, “Hari ini kita bisa makan enak, siapa yang berjasa memberikan ini semua, kak?”. Ya, Allah. Bukan Ayah, tapi Allah yang memberikan semua ini, dan disampaikan melalui kerja ayah. Kaitkan semuanya pada Allah. Kita ajarkan dalam keseharian anak, dan ajarkan dengan cara dan bahasa yang mudah dicerna.

MENJELASKAN SIFAT ULUHIYAH

Uluhiyah adalah meyakini bahwa satu-satunya yang berhak disembah/diibadahi hanyalah Allah Swt. Misalnya : Anak sedang sakit, lalu mengaduh keluh kepada kita. Sampaikan kepada anak, “Nak, sakit adalah ujian dari Allah, yang ngasih Allah; maka mintalah kepada Allah. Berdoalah kepada Allah, Nak, mintalah kesembuhan kepada Allah, ya!”. Doa adalah salah satu praktek uluhiyah.

Contoh lain tatkala hujan deras diiring petir menyambar-nyambar. Si anak ketakutan. Katakanlah pada anak, “Nak, berlindunglah kepada Allah. Allah akan melindungi hambaNya yang beriman. Allah akan melindungi hambaNya”

images2 Bagaimana Mengajarkan Rukun Iman Pertama Kepada Anak?

Begitupula saat anak akan menghadapi ujian, sedang dia mengalami kesulitan. Katakanlah pada anak, “Minta pertolongan kepada Allah ya nak. Allah akan memudahkan jika kita mengingat Allah. Jangan lupa baca doa sebelum memulai mengerjakan ujian, supaya diberi kemudahan dari Allah, supaya dibantu Allah.

MENJELASKAN NAMA DAN SIFAT ALLAH

Mengapa perlu menjelaskan nama dan sifat Allah kepada anak? Supaya tumbuh rasa pengagungan kepada Allah, di dalam hati anak. Kita mampu mengagungkan Allah jika kita cukup ilmu dalam mengenal Allah. Begitupun anak. Dengan anak mengetahui nama dan sifat Allah, diharapkan tumbuh pengagungan anak kepada Allah Swt.

Contohnya : Allah memiliki nama Al Qawiyyu (Yang Maha Kuat). Kita bisa mendapatkan ayat yang menjelaskan kekuatan Allah itu dalam Quran dan hadits; misalnya Allah sanggup menciptakan tujuh lapis langit dan bumi dalam 6 hari saja. Bandingkan dengan manusia yang membuat satu rumah mungil saja butuh waktu berbulan-bulan. Betapa kuatnya Allah Swt.

Manfaat lain mengenal nama dan sifat Allah adalah tumbuhnya cinta dan sayang anak kepada Allah. Yaitu dengan surat Ar Rahman yang di dalamnya mengandung ayat kemaharahmanan Allah. Lihatlah begitu banyak apa yang telah Allah berikan. Allah pun tidak membutuhkan apalagi mengharapkan balasan dari makhluknya. Kita hanya disuruh beribadah.

Lihat, betapa Allah menyayangi kita makhluknya. Apakah kita sudah cukup ibadah? Shalatnya udah bener? Dan seterusnya.

CATATAN PENTING:

Istilah-istilah di atas (rububiyah, uluhiyah, tauhid,dsb) tidak perlu dihafalkan oleh anak. Cukup anak paham dan mengerti maksud dari perkataan tersebut.

Demikian penjelasan bagaimana mengajarkan rukun iman pertama kepada anak.

http://mendidikanak.com/bagaimana-mengajarkan-rukun-iman-pertama-kepada-anak/

��������������������

Bagaimana dengan pengalaman bunda solihah di rumah??

BUNDA MANAGER KELUARGA

RESUME DISKUSI HSMN GRUP 9
Hari/Tgl: Rabu/15-4-2015
Narasumber: Ibu Irawati

�� Moderator : Ummu Syahid
�� Notulen      : Yanny
⏰ Waktu         : 13.00-15.00
��������������������

��Prolog

Diskusi kita hari ini dg tema 'BUNDA MANAGER KELUARGA'.
Suatu tema yg sangat LUAR BIASA

Terik matahari tak mengurangi semangat bunda2 disini tuk menambah ilmu ya������
Bunda Irawati adl seorg ibu yg hebat...����
Beliau mempunyai 6 org putra putri. Beliau jg sdh menulis bbrp buku parenting. Salah satu buku beliau yg sangat inspiratif adlh 'BUNDA MANAJER KELUARGA'

��Kutipan Buku BUNDA MANAGER KELUARGA
¤ Segala sesuatu,hrs disertai perencanaan yg rapi dan matang. Mrk yg tdk membuat rencana,sama artinya dg merencanakan kegagalan. Begitu pula utk membina dan mengelola keluarga,memerlukan perencanaan yg baik dan manajemen yg profesional. Maka bunda sbg penanggung jawabnya layak pula mendapatkan jabatan sbg Manajer keluarga.¤

Selanjutnya kami mempersilahkan bunda irawati untuk memberikan prolognya.����

�� Selayang Pandang Narsum

Assalamualaikum wr wb.....bunda2 hebat pembelajar..... Alhamdulillah...saat rutinitas diskusi seperti ini dg HSMN selalu sy  tunggu2....senang sekali melihat antusias bunda2 anggotanya yg keren2.....
Supaya lebih efektif diskusi kita, afwan, sy sudah siapkan materinya tapi mungkin agak panjang....
Silahkan dinikmati sj perlahan2.....sambil santai ya ibu-ibu....
Materi manajemen keluarga ini mulai sy pelajari saat sy punya anak ke-3. Semula prakteknya memang sulit, banyak mindset berpikir yg hrs diluruskan dan banyak pembiasaan yg harus diubah. Namun alhamdulillah, manfaatnya sangat terasa membantu pengelolaan keluarga lebih rapi dn profesional, hingga memiliki 6 anak, alhamdulillah sy bisa jadi lebih produktif daripd sebelum2nya....

Sy belajar lebih profesional mengatur keluarga dg menetapkn tujuan, target, dn rencana2 jangka panjang, menengah dan pendek.

Untuk lebih mudah merapikan manajemennya, sy bagi seluruh urusan rumah tangga bunda yg biasanya overload ke dlm 8 dept. Hal ini agar lebih mudah kita merencanakan kegiatannya, tahapan2nya, anggaran, jg kontrol dan evaluasinya.
Kita bahas satu demi satu ya bun.....

1⃣ Dept personalia
Adlh tugas kita utk memahami, mengenal dan akhirnya meletakkan masing2 personal anggt keluarga di posisi masing2 sesuai karakternya.
Mengenal dn memahami serta menyesuaikn diri dg sifat2 dn karakter suami sj, kadang butuh waktu bertahun2. Apalagi mengenal masing2 anak sesuai pertumbuhn usianya, belum lg kakek nenek yg tinggal bersama, plus tànte, paman atàu ART kalau ada.
Jk kita menguasai personalia dg baik, keluarga terhindar dr konflik dn lebih kompak jadinya

2⃣ Dept. Pendidikan.
Inilah tugas bunda utk mengenal talenta anak sedini mungkin, lalu membuat road map ke depan berikut tahapan2nya sesuai minat anak tsb, shg kesuksesannya kelak sdh bisa dirancang sedini mungkin.

3⃣ Dept. Spiritual
Yaitu tugas bunda utk menciptakan rumah sbg basis pendidikan SQ terbaik bagi anak, melalui keteladanan, pembiasaan ibadah dn akhlaqul karimah, dn penanaman nilai2 aqidah dlm hidup keseharian.

4⃣ Dept Keuangan
Adlh ketrampilan bunda mengelola keuangan dg qanaah shg bisa mencukupkn kebutuhn dg apa yg diterima dr suami.
Selain itu, jk dibutuhkn pun memiliki ketrampiln entrepreneurship yg bisa membantu ekonomi keluarga.

5⃣ Dept. SDM
Yaitu tugas bunda utk mengembangkan potensi masing2 aggt klg sbg aktualisasi diri, khususnya SDM bunda sendiri yg sering terkalahkn oleh kewajibn2 yg overload. Menyediakn me time setiap hr adlh solusi bagus utk masalah ini...

6⃣ Dept. Property
Adlh pengaturan sarana dn prasarana dlm rumah pun perlu dibuatkn rencana manajemen perawatan, perbaikn jg pembelian, spy rapi. Kalau tidak, kadang perkara engsel pintu rusak sj sampai berbulan2 tak kunjung beres gara2 kelupaan

7⃣ Dept Ur Domestik
Urusan masak, beberes, cuci gosok masuk di sini. Ini tugas berat yg monoton dn menghabiskn banyak waktu bunda. Agr tdk stress menjalaninya, bunda perlu kreatifitas dan butuh ilmu utk mengefektifkn pekerjaan shg pekerjaan ini bisa hemat waktu dn tenaga, spy bisa disaving tenaga bunda utk dept lain yg lebih penting

8⃣ Dept humas
Yaitu peran dn keaktifan yg bunda mainkan di luar rumah, akan memberi dampak positif pd anak, namun tetap ada batasan2 syar'i yg harus dipatuhi, shg tugas humas ini tdk mengganggu tugas utama yg lain.✅
Kali ini kita memperbincangkan tema dari salah satu buku saya, Bunda Manajer Keluarga.

��Tanya ~ Jawab ▶

1⃣  ��yanny solo
Assalamu'alaikum bu ira..saya mau tanya
Bagaimana kah caranya membagi waktu 24 jam u 8 departemen dlm rumah tangga kita...
Jazakillahukhoir bu ira..✅
▶ Wlkmslm bunda Yani, pembagiannya tidak harus kaku dan rutin, tp sesuai kebutuhan sj. Masing2 keluarga akan memiliki satu atau bbrp dept yg lebih diprioritaskn drpd dept lain, maka dept tsb bisa jadi akan memakan konsentrasi, pikiran dan tenaga lebih banyak.
Ada dept yg harus dipikirkan dn dikerjakan setiap hari ada yg tidak. Kalau domestik sifatnya memang operasional rutin shg tiap hari butuh waktu banyak utk ini, beda dg humas , yaitu aktifitas keummatan kita, yg cukup sepekan satu-dua kali.
Menyusun perencanaan, anggaran serta manajemen waktu tiap2 dept lebih baik kita buat bulanan atau pekanan, dan disesuaikan dg target masing2 keluarga, ya bu....✅

2⃣  ��indah blora.
Terkait dept personalia,Bunda perlukah kita menyampaikan rules mendidik ank kpd mertua (karena sy msh tinggal dg mertua)?jk iya sebaiknya menantu/ank kandung yg menyampaikan rules Tersebut.soalnya sering kali rules yg sy buat tdk dihiraukan.trimakash✅
▶ Bunda Indah, tugas mendidik anak agar sukses dunia akhirat merupakan bagian dr dept. Pendidikan.
Jk bunda tinggal bersama mertua, wajib untuk menyampaikannya kpd mertua, spy tidak ada perbedaan pola asuh kpd anak, krn akan mengakibatkan anak mengabaikan aturan yg ia tak suka.
Betul pendapat bunda, bahwa sebaiknya yg menyampaikan adalah suami, krn dialah yg menjadi penjembatan membentuk keharmonisan bunda dg keluarganya.
Namun bisa jg bunda yg menyampaikan, dg catatan bunda harus membangun keakraban terlebih dahulu dg mertua, jika ikatan hati sudah kuat, bisa dimulai pembicaraan2 penting seperti ini.

3⃣ ��cici jakarta, apakah harus ada yg di prioritaskan dr 8 dept tsbt bunda✅
▶ Ya, bu Cici. Tergantung kondisi masing2 keluarga dan target yg ingin dicapai.
Ada keluarga yg putra putrinya masih kecil2 di bawah 10 th, maka mrk masih harus berkonsentrasi pd dept penddkn demi kesuksesan anak2nya.
Tp bagi keluarga yg anak2nya sudah besar, urusan peddkn sdh selesai, mrk bisa prioritas ke humas misalnya; dg berkarya bersama keluarga mengabdi pd ummat dan sosial.
Keluarga pedagang bisa jd ada yg lebih berkonsentrasi di dept keuangan, atau keluarga seorang ulama lebih memilih dept spiritual sbg fokus target utamanya.
Setelah itu, departemen2 lain pun dijalankan sbg fungsi pendukung bagi keberhasilan dept prioritas tadi...

4⃣ ��Hapsari semarang Bu, bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Teori keuangan 10%tabungan, 20_30%hutang kok saya belum bisa mengaturnya. Hutang banyak, ga ada tabungan ��. Mohon bimbingannya agar jd manager keuangan yang baik. Jazakillah ��✅
▶ Bunda Hapsari, utk dept keuangan, ada bbrp tips :
✏ Pakai konsep keuangan berkah.
Ada bbrp hal yg bisa mendatangkn keberkahan dlm keluarga, yg ini harus diutamakan. Dari sisi penerimaan, contohnya adlh kehalalan rezeki yg kita terima.
Dr sisi pengeluaran, maka pos pendanaan membiayai kehidupn untuk orangtua dn mertua, apalagi jk sangat dibutuhkan. Infaq utk berjihad di jalan Allah, jg perlu disediakan pos setiap bulan, jangan hanya dr sisa2 harta sj.
Begitu jg memperbanyak sedekah dn meminimalisir hutang, termasuk mendatangkn berkah. Berusahalah kita sampai tetes darah penghabisn utk membayar hutang, krn menyepelekn, menunda2 pembayrn serta mempermudah berhutang akan menghilangkan keberkahan, akhirnya keluarga akan banyak masalah.
✏ Biasakn mencatat
Buat khusus buku catatan cash flow harian. Dg adanya cattn ini, kita bisa mengevaluasi pos pendanaan mana yg berlebihn dan mana yg kurang tepat sasaran, shg bisa dikontrol bulan berikutnya...
✏ Buat manajemen kebutuhan dn pembelanjaan yg baik. Pelajari evaluasi yg kurang tepat bulan lalu, buat anggaran lebih baik bulan berikutnya, setelah itu hindari nafsu belanja. Hindari terlalj banyak membawa uabv cash, tibggalkan gaya belanja kartu kredit, dan hindari gaya belanja arisan atau kredit.
Hati2 jg dg iming2 hadiah dn diskon, jangan sampai keinginan berubah menjadi kebutuhan....
Kalau tips2 tsb sudah dilakukan namun masih jg belum cukup, boleh bunda bantu suami mencari alternatif home industri atau keahlian lain yg bhnda miliki, tanpa harus mengganggu tugas utama di rumah....

5⃣  �� kartina_Byl. Jika keadaan RT blm tertata dg baik di semua lini. Baiknya perbaikan dimulai dr dept pa ya bu?
Jazakillah khair ✅
▶ Bunda Kartina, sambil membenahi kondisi manajemen keluarga secara keseluruhan, lakukan sj mana yg paling mudah bagi bunda.
Akan lebih baik kalau bunda dan suami mencari waktu berdiskusi khusus utk membenahi dari awal. Dari mulai menetapkan tujuan keluarga, lalu target2 jangka panjang, menengah dn pendek, lalu mulai menyusun target beserta rencana kegiatan lengkap dg anggaran utk masing2 departemen.
Yaaahh ibarat raker kalau di perusahaan2 bun.....
Tapi kalau belum bisa sampai raker, coba saja dimulai dari departemen yg paling bunda sukai, atau paling mudah bagi bunda. Atau bisa jg dept yg paling strategis bagi bunda.
Yg penting adalah segera memulai bun. Karena itu yg paling sulit. Jk sdh dimulai, insya Allah perbaikan selanjutnya akan menjadi lebih mudah....✅
6⃣ ��bety
Bunda ira yg sholcan (sholehah dan cwantikz)
Bagaimana cara mengatasi rasa jenuh?tanpa harus meninggalkan tugas rumah✅
▶Hehe....bunda Bety yg cqantikz bingitts...(betul tidak tulisannya ? Sy cuma biasa  denger2 bahasa ini...)
Rasa jenuh memang musuh besar para bunda, mengingat tugasnya banyak yg brsifat rutin dan monoton. Bahkan ada yg sampai stress karenanya.
Saran sy, jadilah bunda yg kreatif dan pandai2lah membahagiakn diri sendiri.
Maksudnya, kreatif dlm pengaturn jadual misalnya. Kerjaan nyuci ������ yg biasanya jam 7 pagi, misalnya, bisa sekali2 dikerjakan siang2 sambil bermain air dg anak, atau sesekali nyuci berdua dg suami di hari Minggu....asyiiik
���� Kreatif di menu makanan, bisa jg. Walaupun modal dasar tetap tempe, misalbya, tp sajikan dg 7 resep berbeda dalam sepekan.
����Lalu buat jadual 'me time' yaitu waktu utk pengembangan diri bunda sendiri. Bisa sekitar 30-60  menit sehari, dimana bunda bebas dr tuntutan tugas, tdk diganggu anggota klg lain, dn bunda bisa lakukn hobby bunda yg brmanfaat.
Insya Allah, ini bisa mengurangi jenuh dan hidup menjadi lebih hidup....✅
7⃣ �� Bety perlukah catatan untuk target tersebut?
Target jangka panjang,menengah dan pendek?
▶ Kalau sbg pemula, sebaiknya target2 , rencana semua kita tulis, bahkan kita sediakan buku khusus yg rapi utk catatan manajemen keluarga ini. Supaya lebih menarik dan bersemangat, bahkan kita bisa bikin kantor di rumah kita, bu...!
Masa cuma orang kantoran yg punya kantor? Buatlah kantor bunda di rumah senyaman mungkin, walauphn hanya meja dg almari kecil di dinding, dilengkapi dg vas bunga mungil, kalender unik....ayo kita coba, bun....

8⃣��Assalamualaikum.
Ria_lhokseumawe
Untuk departemen humas bisa dijelaskan lebih detail lagi bu ira?✅
▶ Waalaikumslm bu Ria, dept humas adalah mengatur manajemen kegiatan keummatan kita. Kegiatan apa yg kita pilih untuk brrkarya dan berbagi dg umat. Berapa lama waktunya dan kapan. Jangan sampai keaktifan kita untuk umat mengganggu atau melalaikn tugas utama dlm keluarga, namun jangan sampai jg kita tidak punya kegiatan keummatan sama sekali.

9⃣ ��Saya Atin dr lampung
Mau tanya sepenting apa me time itu utk kita,dan apa aja yg kita lakukan pd saSat me time,dan bgsnya brp lama dlm sehari.jzklh✅
▶ Bunda Atin, me time itu selain menjadi refreshing buat kita utk mengurangi stress, jg bermanfaat sbg aktualisasi diri.
Bisa kita manfaatkn utk menjalankan hobby, membaca, atau mempelajari ilmu dn ketrampilan yg kita suka tp sering tak ada waktu utk melakukannya dlm keadaan biasa. Dimanfaatkn utk bertemu dg teman2 liqo, hafalan quran jg bisa.
Waktunya terserah bu, dicari sj saat suamj dn anak sibuk dg aktifitas masibg2 atau sdg tidur. Jk anak2 masih balita biasanya susah bagi bunda mencari waktu me time, mk perlu kerjasm suami utk khusus menemani anak agar bunda punya waktu me time. Para bunda yg potensinya cukup terakomodasi spt ini, kebahagiaannya jauh lebih lengkap, shg bisa menghilangkan lelah dn stress yg mengancam.

�� Penutup

��jangan lupa untuk terus menjadi orangtua pembelajar. Tidak   pernah berhenti belajar, dn tak pernah putus asa utk berubah menjadi lebih baik....��

��������������������

�� Kesimpulan
Sepertinya waktu 2 jam tdklah cukup utk menggali ilmu dr beliau.

Kesimpulan dr diskusi hari ini.
Sbg Manajer keluarga,seorang ibu sebaiknya mempunyai tujuan dan target2 yg ingin dicapai. Yg tertuang dlm tujuan jangka panjang,menengah dan pendek.
Nah utk lebih memudahkan kontrol dan evaluasinya,maka dibagi kedalam 8 divisi. Divisi personalia,pendidikan,domestik,spritual,keuangan,properti,pengembangan sdm dan divisi humas
Kita tutup diskusi kita dg ucapan Alhamdulillahi robbil 'alamin.
Wassalamu 'alaykum warohmatullahi wabarakatuh
��������������������

BUNDA MANAGER KELUARGA

RESUME DISKUSI HSMN GRUP 9
Hari/Tgl: Rabu/15-4-2015
Narasumber: Ibu Irawati

�� Moderator : Ummu Syahid
�� Notulen      : Yanny
⏰ Waktu         : 13.00-15.00
��������������������

��Prolog

Diskusi kita hari ini dg tema 'BUNDA MANAGER KELUARGA'.
Suatu tema yg sangat LUAR BIASA

Terik matahari tak mengurangi semangat bunda2 disini tuk menambah ilmu ya������
Bunda Irawati adl seorg ibu yg hebat...����
Beliau mempunyai 6 org putra putri. Beliau jg sdh menulis bbrp buku parenting. Salah satu buku beliau yg sangat inspiratif adlh 'BUNDA MANAJER KELUARGA'

��Kutipan Buku BUNDA MANAGER KELUARGA
¤ Segala sesuatu,hrs disertai perencanaan yg rapi dan matang. Mrk yg tdk membuat rencana,sama artinya dg merencanakan kegagalan. Begitu pula utk membina dan mengelola keluarga,memerlukan perencanaan yg baik dan manajemen yg profesional. Maka bunda sbg penanggung jawabnya layak pula mendapatkan jabatan sbg Manajer keluarga.¤

Selanjutnya kami mempersilahkan bunda irawati untuk memberikan prolognya.����

�� Selayang Pandang Narsum

Assalamualaikum wr wb.....bunda2 hebat pembelajar..... Alhamdulillah...saat rutinitas diskusi seperti ini dg HSMN selalu sy  tunggu2....senang sekali melihat antusias bunda2 anggotanya yg keren2.....
Supaya lebih efektif diskusi kita, afwan, sy sudah siapkan materinya tapi mungkin agak panjang....
Silahkan dinikmati sj perlahan2.....sambil santai ya ibu-ibu....
Materi manajemen keluarga ini mulai sy pelajari saat sy punya anak ke-3. Semula prakteknya memang sulit, banyak mindset berpikir yg hrs diluruskan dan banyak pembiasaan yg harus diubah. Namun alhamdulillah, manfaatnya sangat terasa membantu pengelolaan keluarga lebih rapi dn profesional, hingga memiliki 6 anak, alhamdulillah sy bisa jadi lebih produktif daripd sebelum2nya....

Sy belajar lebih profesional mengatur keluarga dg menetapkn tujuan, target, dn rencana2 jangka panjang, menengah dan pendek.

Untuk lebih mudah merapikan manajemennya, sy bagi seluruh urusan rumah tangga bunda yg biasanya overload ke dlm 8 dept. Hal ini agar lebih mudah kita merencanakan kegiatannya, tahapan2nya, anggaran, jg kontrol dan evaluasinya.
Kita bahas satu demi satu ya bun.....

1⃣ Dept personalia
Adlh tugas kita utk memahami, mengenal dan akhirnya meletakkan masing2 personal anggt keluarga di posisi masing2 sesuai karakternya.
Mengenal dn memahami serta menyesuaikn diri dg sifat2 dn karakter suami sj, kadang butuh waktu bertahun2. Apalagi mengenal masing2 anak sesuai pertumbuhn usianya, belum lg kakek nenek yg tinggal bersama, plus tànte, paman atàu ART kalau ada.
Jk kita menguasai personalia dg baik, keluarga terhindar dr konflik dn lebih kompak jadinya

2⃣ Dept. Pendidikan.
Inilah tugas bunda utk mengenal talenta anak sedini mungkin, lalu membuat road map ke depan berikut tahapan2nya sesuai minat anak tsb, shg kesuksesannya kelak sdh bisa dirancang sedini mungkin.

3⃣ Dept. Spiritual
Yaitu tugas bunda utk menciptakan rumah sbg basis pendidikan SQ terbaik bagi anak, melalui keteladanan, pembiasaan ibadah dn akhlaqul karimah, dn penanaman nilai2 aqidah dlm hidup keseharian.

4⃣ Dept Keuangan
Adlh ketrampilan bunda mengelola keuangan dg qanaah shg bisa mencukupkn kebutuhn dg apa yg diterima dr suami.
Selain itu, jk dibutuhkn pun memiliki ketrampiln entrepreneurship yg bisa membantu ekonomi keluarga.

5⃣ Dept. SDM
Yaitu tugas bunda utk mengembangkan potensi masing2 aggt klg sbg aktualisasi diri, khususnya SDM bunda sendiri yg sering terkalahkn oleh kewajibn2 yg overload. Menyediakn me time setiap hr adlh solusi bagus utk masalah ini...

6⃣ Dept. Property
Adlh pengaturan sarana dn prasarana dlm rumah pun perlu dibuatkn rencana manajemen perawatan, perbaikn jg pembelian, spy rapi. Kalau tidak, kadang perkara engsel pintu rusak sj sampai berbulan2 tak kunjung beres gara2 kelupaan

7⃣ Dept Ur Domestik
Urusan masak, beberes, cuci gosok masuk di sini. Ini tugas berat yg monoton dn menghabiskn banyak waktu bunda. Agr tdk stress menjalaninya, bunda perlu kreatifitas dan butuh ilmu utk mengefektifkn pekerjaan shg pekerjaan ini bisa hemat waktu dn tenaga, spy bisa disaving tenaga bunda utk dept lain yg lebih penting

8⃣ Dept humas
Yaitu peran dn keaktifan yg bunda mainkan di luar rumah, akan memberi dampak positif pd anak, namun tetap ada batasan2 syar'i yg harus dipatuhi, shg tugas humas ini tdk mengganggu tugas utama yg lain.✅
Kali ini kita memperbincangkan tema dari salah satu buku saya, Bunda Manajer Keluarga.

��Tanya ~ Jawab ▶

1⃣  ��yanny solo
Assalamu'alaikum bu ira..saya mau tanya
Bagaimana kah caranya membagi waktu 24 jam u 8 departemen dlm rumah tangga kita...
Jazakillahukhoir bu ira..✅
▶ Wlkmslm bunda Yani, pembagiannya tidak harus kaku dan rutin, tp sesuai kebutuhan sj. Masing2 keluarga akan memiliki satu atau bbrp dept yg lebih diprioritaskn drpd dept lain, maka dept tsb bisa jadi akan memakan konsentrasi, pikiran dan tenaga lebih banyak.
Ada dept yg harus dipikirkan dn dikerjakan setiap hari ada yg tidak. Kalau domestik sifatnya memang operasional rutin shg tiap hari butuh waktu banyak utk ini, beda dg humas , yaitu aktifitas keummatan kita, yg cukup sepekan satu-dua kali.
Menyusun perencanaan, anggaran serta manajemen waktu tiap2 dept lebih baik kita buat bulanan atau pekanan, dan disesuaikan dg target masing2 keluarga, ya bu....✅

2⃣  ��indah blora.
Terkait dept personalia,Bunda perlukah kita menyampaikan rules mendidik ank kpd mertua (karena sy msh tinggal dg mertua)?jk iya sebaiknya menantu/ank kandung yg menyampaikan rules Tersebut.soalnya sering kali rules yg sy buat tdk dihiraukan.trimakash✅
▶ Bunda Indah, tugas mendidik anak agar sukses dunia akhirat merupakan bagian dr dept. Pendidikan.
Jk bunda tinggal bersama mertua, wajib untuk menyampaikannya kpd mertua, spy tidak ada perbedaan pola asuh kpd anak, krn akan mengakibatkan anak mengabaikan aturan yg ia tak suka.
Betul pendapat bunda, bahwa sebaiknya yg menyampaikan adalah suami, krn dialah yg menjadi penjembatan membentuk keharmonisan bunda dg keluarganya.
Namun bisa jg bunda yg menyampaikan, dg catatan bunda harus membangun keakraban terlebih dahulu dg mertua, jika ikatan hati sudah kuat, bisa dimulai pembicaraan2 penting seperti ini.

3⃣ ��cici jakarta, apakah harus ada yg di prioritaskan dr 8 dept tsbt bunda✅
▶ Ya, bu Cici. Tergantung kondisi masing2 keluarga dan target yg ingin dicapai.
Ada keluarga yg putra putrinya masih kecil2 di bawah 10 th, maka mrk masih harus berkonsentrasi pd dept penddkn demi kesuksesan anak2nya.
Tp bagi keluarga yg anak2nya sudah besar, urusan peddkn sdh selesai, mrk bisa prioritas ke humas misalnya; dg berkarya bersama keluarga mengabdi pd ummat dan sosial.
Keluarga pedagang bisa jd ada yg lebih berkonsentrasi di dept keuangan, atau keluarga seorang ulama lebih memilih dept spiritual sbg fokus target utamanya.
Setelah itu, departemen2 lain pun dijalankan sbg fungsi pendukung bagi keberhasilan dept prioritas tadi...

4⃣ ��Hapsari semarang Bu, bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Teori keuangan 10%tabungan, 20_30%hutang kok saya belum bisa mengaturnya. Hutang banyak, ga ada tabungan ��. Mohon bimbingannya agar jd manager keuangan yang baik. Jazakillah ��✅
▶ Bunda Hapsari, utk dept keuangan, ada bbrp tips :
✏ Pakai konsep keuangan berkah.
Ada bbrp hal yg bisa mendatangkn keberkahan dlm keluarga, yg ini harus diutamakan. Dari sisi penerimaan, contohnya adlh kehalalan rezeki yg kita terima.
Dr sisi pengeluaran, maka pos pendanaan membiayai kehidupn untuk orangtua dn mertua, apalagi jk sangat dibutuhkan. Infaq utk berjihad di jalan Allah, jg perlu disediakan pos setiap bulan, jangan hanya dr sisa2 harta sj.
Begitu jg memperbanyak sedekah dn meminimalisir hutang, termasuk mendatangkn berkah. Berusahalah kita sampai tetes darah penghabisn utk membayar hutang, krn menyepelekn, menunda2 pembayrn serta mempermudah berhutang akan menghilangkan keberkahan, akhirnya keluarga akan banyak masalah.
✏ Biasakn mencatat
Buat khusus buku catatan cash flow harian. Dg adanya cattn ini, kita bisa mengevaluasi pos pendanaan mana yg berlebihn dan mana yg kurang tepat sasaran, shg bisa dikontrol bulan berikutnya...
✏ Buat manajemen kebutuhan dn pembelanjaan yg baik. Pelajari evaluasi yg kurang tepat bulan lalu, buat anggaran lebih baik bulan berikutnya, setelah itu hindari nafsu belanja. Hindari terlalj banyak membawa uabv cash, tibggalkan gaya belanja kartu kredit, dan hindari gaya belanja arisan atau kredit.
Hati2 jg dg iming2 hadiah dn diskon, jangan sampai keinginan berubah menjadi kebutuhan....
Kalau tips2 tsb sudah dilakukan namun masih jg belum cukup, boleh bunda bantu suami mencari alternatif home industri atau keahlian lain yg bhnda miliki, tanpa harus mengganggu tugas utama di rumah....

5⃣  �� kartina_Byl. Jika keadaan RT blm tertata dg baik di semua lini. Baiknya perbaikan dimulai dr dept pa ya bu?
Jazakillah khair ✅
▶ Bunda Kartina, sambil membenahi kondisi manajemen keluarga secara keseluruhan, lakukan sj mana yg paling mudah bagi bunda.
Akan lebih baik kalau bunda dan suami mencari waktu berdiskusi khusus utk membenahi dari awal. Dari mulai menetapkan tujuan keluarga, lalu target2 jangka panjang, menengah dn pendek, lalu mulai menyusun target beserta rencana kegiatan lengkap dg anggaran utk masing2 departemen.
Yaaahh ibarat raker kalau di perusahaan2 bun.....
Tapi kalau belum bisa sampai raker, coba saja dimulai dari departemen yg paling bunda sukai, atau paling mudah bagi bunda. Atau bisa jg dept yg paling strategis bagi bunda.
Yg penting adalah segera memulai bun. Karena itu yg paling sulit. Jk sdh dimulai, insya Allah perbaikan selanjutnya akan menjadi lebih mudah....✅
6⃣ ��bety
Bunda ira yg sholcan (sholehah dan cwantikz)
Bagaimana cara mengatasi rasa jenuh?tanpa harus meninggalkan tugas rumah✅
▶Hehe....bunda Bety yg cqantikz bingitts...(betul tidak tulisannya ? Sy cuma biasa  denger2 bahasa ini...)
Rasa jenuh memang musuh besar para bunda, mengingat tugasnya banyak yg brsifat rutin dan monoton. Bahkan ada yg sampai stress karenanya.
Saran sy, jadilah bunda yg kreatif dan pandai2lah membahagiakn diri sendiri.
Maksudnya, kreatif dlm pengaturn jadual misalnya. Kerjaan nyuci ������ yg biasanya jam 7 pagi, misalnya, bisa sekali2 dikerjakan siang2 sambil bermain air dg anak, atau sesekali nyuci berdua dg suami di hari Minggu....asyiiik
���� Kreatif di menu makanan, bisa jg. Walaupun modal dasar tetap tempe, misalbya, tp sajikan dg 7 resep berbeda dalam sepekan.
����Lalu buat jadual 'me time' yaitu waktu utk pengembangan diri bunda sendiri. Bisa sekitar 30-60  menit sehari, dimana bunda bebas dr tuntutan tugas, tdk diganggu anggota klg lain, dn bunda bisa lakukn hobby bunda yg brmanfaat.
Insya Allah, ini bisa mengurangi jenuh dan hidup menjadi lebih hidup....✅
7⃣ �� Bety perlukah catatan untuk target tersebut?
Target jangka panjang,menengah dan pendek?
▶ Kalau sbg pemula, sebaiknya target2 , rencana semua kita tulis, bahkan kita sediakan buku khusus yg rapi utk catatan manajemen keluarga ini. Supaya lebih menarik dan bersemangat, bahkan kita bisa bikin kantor di rumah kita, bu...!
Masa cuma orang kantoran yg punya kantor? Buatlah kantor bunda di rumah senyaman mungkin, walauphn hanya meja dg almari kecil di dinding, dilengkapi dg vas bunga mungil, kalender unik....ayo kita coba, bun....

8⃣��Assalamualaikum.
Ria_lhokseumawe
Untuk departemen humas bisa dijelaskan lebih detail lagi bu ira?✅
▶ Waalaikumslm bu Ria, dept humas adalah mengatur manajemen kegiatan keummatan kita. Kegiatan apa yg kita pilih untuk brrkarya dan berbagi dg umat. Berapa lama waktunya dan kapan. Jangan sampai keaktifan kita untuk umat mengganggu atau melalaikn tugas utama dlm keluarga, namun jangan sampai jg kita tidak punya kegiatan keummatan sama sekali.

9⃣ ��Saya Atin dr lampung
Mau tanya sepenting apa me time itu utk kita,dan apa aja yg kita lakukan pd saSat me time,dan bgsnya brp lama dlm sehari.jzklh✅
▶ Bunda Atin, me time itu selain menjadi refreshing buat kita utk mengurangi stress, jg bermanfaat sbg aktualisasi diri.
Bisa kita manfaatkn utk menjalankan hobby, membaca, atau mempelajari ilmu dn ketrampilan yg kita suka tp sering tak ada waktu utk melakukannya dlm keadaan biasa. Dimanfaatkn utk bertemu dg teman2 liqo, hafalan quran jg bisa.
Waktunya terserah bu, dicari sj saat suamj dn anak sibuk dg aktifitas masibg2 atau sdg tidur. Jk anak2 masih balita biasanya susah bagi bunda mencari waktu me time, mk perlu kerjasm suami utk khusus menemani anak agar bunda punya waktu me time. Para bunda yg potensinya cukup terakomodasi spt ini, kebahagiaannya jauh lebih lengkap, shg bisa menghilangkan lelah dn stress yg mengancam.

�� Penutup

��jangan lupa untuk terus menjadi orangtua pembelajar. Tidak   pernah berhenti belajar, dn tak pernah putus asa utk berubah menjadi lebih baik....��

��������������������

�� Kesimpulan
Sepertinya waktu 2 jam tdklah cukup utk menggali ilmu dr beliau.

Kesimpulan dr diskusi hari ini.
Sbg Manajer keluarga,seorang ibu sebaiknya mempunyai tujuan dan target2 yg ingin dicapai. Yg tertuang dlm tujuan jangka panjang,menengah dan pendek.
Nah utk lebih memudahkan kontrol dan evaluasinya,maka dibagi kedalam 8 divisi. Divisi personalia,pendidikan,domestik,spritual,keuangan,properti,pengembangan sdm dan divisi humas
Kita tutup diskusi kita dg ucapan Alhamdulillahi robbil 'alamin.
Wassalamu 'alaykum warohmatullahi wabarakatuh
��������������������

Minggu, 19 April 2015

Menanamkan Semangat Beribadah dalam Keluarga

Majelis Ayah @AQL

¤ Ust. Bendri
Visi Nabi Ibrahim dalam mendidik anak : Penanaman Aqidah (QS. Ibrahim:35-36), Ibadah (QS. Ibrahim:37) mencari tempat tinggal di dekat masjid*

#Kekuatan Sebuah Doa
(Q:S. Ibrahim:40)
Ayah tidak mengandalkan kemampuan dirinya untuk mendidik anak. Allah yang Maha Berkehendak untuk memberikan kebaikan kepada anak. Sekalipun seorang Psikolog, seorang Komunikator, dll pasti ada kekurangan atau kekhilafan dalam mendidik, oleh sebab itu pasti butuh bantuan Allah.

▶Pertama kita harus kembali kepada Allah. Evaluasi pertama adalah ruhiyah diri kita sendiri bila melihat ada yang bermasalah pada anak, bisa jadi maksiat yang dulu dilakukan tidak diampuni oleh Allah sehingga berdampak pada anak.

▶Setelah perbaikan ruhiyah, baru perbaiki cara berkomunikasi. Cara mendidik anak, dlsb.

▶Kualitas ibadah kita harus terus-menerus ditingkatkan, karena semakin banyak rantingnya harus semakin besar akarnya, semakin banyak amanah harus semakin kuat ruhiyahnya. Misal ketika jomblo tilawah 1 juz, setelah menikah 2 juz, dll.

▶Ayah memberikan keteladanan.

*kalau salah memilih tempat tinggal, akan menyebabkan ruhiyah yang kering. Syaikh Nasih Ulan, "membiasakan anak ke Masjid adalah melatih untuk menjadi hamba Allah....".

▶Komunikasi ayah dengan anak mampu membangun daya pikir seorang anak. Menumbuhkan minat anak untuk beramal shalih juga dengan komunikasi yang baik.

▶Pertama kali kenalkan iman pd Allah dahulu pada anak, baru tentang Fikih.

▶Hindari kalimat yang mengedapankan diri kita kepada anak. Misal, ini ada uang dari Abi, Abi nyuruh ini, dll. Tapi, Alhamdulillah Abi dapat rezeki dari Allah buat kamu, dll..

▶Cari pasangan yang se-visi, suami butuh partner yang baik untuk mendidik anak. Anak terjaga oleh ibunya. Jaga lisan istri, agar tidak memberikan / menceritakan hal jelek kepada anak, karena itu bisa menimbulkan persepsi yang jelek dipikiran seorang anak. Harus membangun persepsi di otak anak "my father is the best" sehingga apa-apa yang diperintahkan sang ayah dilakukan dengan baik.

▶Kalau ditanya kenapa harus sholat oleh anak? Pertama pasti karena perintah Allah. Kedua sebagai bentuk rasa terima kasih atas banyak nikmat yang diberikan.

*Nail/SPI/ITJ