Minggu, 19 April 2015

Menanamkan Semangat Beribadah dalam Keluarga

Majelis Ayah @AQL

¤ Ust. Bendri
Visi Nabi Ibrahim dalam mendidik anak : Penanaman Aqidah (QS. Ibrahim:35-36), Ibadah (QS. Ibrahim:37) mencari tempat tinggal di dekat masjid*

#Kekuatan Sebuah Doa
(Q:S. Ibrahim:40)
Ayah tidak mengandalkan kemampuan dirinya untuk mendidik anak. Allah yang Maha Berkehendak untuk memberikan kebaikan kepada anak. Sekalipun seorang Psikolog, seorang Komunikator, dll pasti ada kekurangan atau kekhilafan dalam mendidik, oleh sebab itu pasti butuh bantuan Allah.

▶Pertama kita harus kembali kepada Allah. Evaluasi pertama adalah ruhiyah diri kita sendiri bila melihat ada yang bermasalah pada anak, bisa jadi maksiat yang dulu dilakukan tidak diampuni oleh Allah sehingga berdampak pada anak.

▶Setelah perbaikan ruhiyah, baru perbaiki cara berkomunikasi. Cara mendidik anak, dlsb.

▶Kualitas ibadah kita harus terus-menerus ditingkatkan, karena semakin banyak rantingnya harus semakin besar akarnya, semakin banyak amanah harus semakin kuat ruhiyahnya. Misal ketika jomblo tilawah 1 juz, setelah menikah 2 juz, dll.

▶Ayah memberikan keteladanan.

*kalau salah memilih tempat tinggal, akan menyebabkan ruhiyah yang kering. Syaikh Nasih Ulan, "membiasakan anak ke Masjid adalah melatih untuk menjadi hamba Allah....".

▶Komunikasi ayah dengan anak mampu membangun daya pikir seorang anak. Menumbuhkan minat anak untuk beramal shalih juga dengan komunikasi yang baik.

▶Pertama kali kenalkan iman pd Allah dahulu pada anak, baru tentang Fikih.

▶Hindari kalimat yang mengedapankan diri kita kepada anak. Misal, ini ada uang dari Abi, Abi nyuruh ini, dll. Tapi, Alhamdulillah Abi dapat rezeki dari Allah buat kamu, dll..

▶Cari pasangan yang se-visi, suami butuh partner yang baik untuk mendidik anak. Anak terjaga oleh ibunya. Jaga lisan istri, agar tidak memberikan / menceritakan hal jelek kepada anak, karena itu bisa menimbulkan persepsi yang jelek dipikiran seorang anak. Harus membangun persepsi di otak anak "my father is the best" sehingga apa-apa yang diperintahkan sang ayah dilakukan dengan baik.

▶Kalau ditanya kenapa harus sholat oleh anak? Pertama pasti karena perintah Allah. Kedua sebagai bentuk rasa terima kasih atas banyak nikmat yang diberikan.

*Nail/SPI/ITJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar