Jumat, 17 April 2015

Mengoptimalkan otak anak dalam menghafal alquran

RESUME DISKUSI
HS MUSLIM NUSANTARA-GRUP 5
Hari dan tanggal : Kamis, 2 April 2015
⏰ Pukul: 10.00-12.00
Pemateri: Bu Fasiha

Tema: mengoptimalkan otak anak dalam menghafal alquran

Moderator: Bunda Hellen, Bunda Asri

Notulen: Bunda Yuliani

Bismillahirrohmanirrohim.              Assalamu'alaikum wr.wb.
puji syukur kita panjatkan atas nikmat-nikmat yg الله senantiasa berikan kepada kita semua. Sebelum kita mulai diskusi kita hari ini, agar lebih barokah, mari kita buka dengan melafazkan basmalah..

Nama :  Hayati Fashiha Lubis
Nama panggilan : Hayati
Tempat Tgl Lahir: P.Siantar 15 Desember 1984
No HP : 201148428834
Pin BB : 55C255A4
Email : sihaahya@gmail.com
Status :  menikah
Anak : dua putri
Domisili : Kairo

Pendidikan :

-S1 Syariah Al Azhar 2006
-S2 Ushul Fiqih AlAzhar 2015
-Diploma Montessori Internasional School, Cairo University 2015

Aktivitas:
-Pengajar tahfiz anak Markaz Dar el wasilah, Kairo
-Muwajjih di kajian Rumah Dakwah Indonesia.
-Asatiz kajian online HA
-Pengajar di Lembaga Asy Syatibi Center.

Pendahuluan

Senang bisa berdiskusi di sini..
Berbicara tentang menghafalkan AlQuran untuk anak, saya selalu terinspirasi dari seorang bapak warga negara Mesir yang bernama Kamil Labudi.
Ketiga orang anaknya mengkhatamkan hafalan AlQurannya di usia 4,5 tahun. MasyaAllah, luar biasa ya..
Anak pertamanya bernama Tabarak, yg kedua Yazid, dan yang ketiga Zeina.
Ketiga anak ini mengkhatamkan hafalannya di rumah bersama ibu dan bapaknya secara bergantian.
Saya sempat beberapa kali bertemu dengan keluarga ini, dan akhirnya saya mengambil kesimpulan, bahwa untuk menjadikan dan melatih anak menghafal alQuran, perlu kerja keras dari orang tua.
Ada 3 hal yang pak Kamil lakukan sebelum memulai proses menghafal dengan anak2nya;
1. Mengikhlaskan niat karena Allah, serta berdoa dengan sungguh2 mohon bimbingan dari Allah.
2. Menetapkan jadwal rutin setiap hari. Jam berapa hingga jam berapa, sehingga anak sudah tau, kalau waktu tsb tiba, ia harus siap untuk alQuran. Jadi tidak bisa kalau waktu yg sesuka hati. Anak mulai diajarkan disiplin dengan alQuran.
3. Menyediakan hadiah sederhana, setiap kali anak selesai duduk menghabiskan timing menghafalnya.

Satu hal lagi yang ga kalah pentingnya dalam pengalaman beliau, hafalan anak2nya sudah dimulai sejak anak2 itu masih berada dalam kandungan.

Ini pernah saya post jadi status di fb. Berikut salinannya

Terinspirasi dari Bapak Kamil Labudi, yang ketiga anaknya mengkhatamkan hafalan AlQur'annya di usia 4,5 tahun. Tidak ada kata terlambat untuk terus berusaha dan menjadikan anak-anak kita generasi AlQur'an.

Januari lalu kami sempat bertemu dan berbincang dengan beliau, Salah satu tips yang beliau sampaikan agar anak mudah menghafal AlQur'an adalah dengan sering memperdengarkan Al Qur'an kepada anak. Bayi juga bisa mulai diajak menghafal lho bahkan anak yang masih dalam kandungan!
Dengan diputarkan murottal paling tidak satu hari, si anak mendengar satu juz yang diputar lima kali. Jadi murottal jalan terus pada juz yang sama dan diputar lima kali setiap hari.

Bayangkan, dalam sebulan si bayi sudah khatam mendengar alQur'an lima kali. Kalau setahun sudah 12x 5 = 60 kali. Kalau dua tahun sudah khatam 120 kali.

Ketika si anak mulai diajak menghafal Al Qur'an di usia 2,5 tahun dia sudah tidak asing lagi dengan Al Qur'an, karena ia sudah terbiasa mendengar. Jam terbangnya sudah tinggi :) Telinganya dan lisannya sudah siap untuk alQur'an. Jelas beda dengan anak yang baru dengar dan diajarkan AlQur'an di usia 2,5 tahun.

Ini bisa dirasakan bagi orang yang sering baca Alkahfi setiap hari jum'at, pasti terasa akan lebih mudah menghafal surat ini dibanding surat lain, karena sering dibaca dan didengar. Begitu juga dengan anak-anak kita yang terbiasa diperdengarkan AlQur'an.

Ketika mendengar tips beliau ini, saya bersedih kenapa tidak mendapatkan tips ini sejak hamil dan anakku masih bayi. Tapi, tidak ada kata terlambat untuk belajar dan berusaha.:)

Apalagi dengan canggihnya dunia teknologi dan gadget saat ini, tantangan sebagai orangtua semakin besar. Daya tarik gadget untuk dibuka dan menelusuri dunia maya kalau tidak dikendalikan, bisa mengalahkan perhatian kita terhadap pendidikan anak.

Di akhir pembicaraan pak Kamil berpesan: InsyaAllah, siapapun anaknya, ia bisa menjadi seperti Tabarak yang hafal AlQuran di usia dini, asalkan dengan metode yang teratur dan konsisten.

Mari.....:)
Demikian ibu2....sebagai prolog singkat dari saya, bisa kita lanjutkan.

TANYA JAWAB
1⃣ Bunda Chanda
❓aslm.wr.wb. afwan ustadzah bagaimana caranya membuat anak2 dgn usia yg berbeda mulai 4 hingga 12 thn selalu bersemangat, senang, dan cinta dgn kegiatan menghafal alquran nya?

❗Jawab:
Dimulai dengan memberi teladan bun. Anak2 itu kan peniru ulung. Kalau anak sering lihat kita tilawah, insyaAllah anak juga akan cinta alQuran.
Ini sangat saya rasakan. Beberapa waktu saya baca alQuran di pagi hari saat anak2 belum bangun. Saat anak2 bangun saya sdh punya aktivitas lain, tdk lg sdg tilawah. Anak2 kan tdk tau kalau saya td pagi tilawah...jd seharian itu mereka akan malas malasan diajak menghafal. Akhirnya saya siasati, saya tilawah saat anak2 bersama saya . Agar mereka punya teladan. Dan memang sangat berbeda pengaruhnya ke anak.
Sehabis tilawah baru kita ajak anak2 menghafal atau mengulang hafalannya. In sya Allah dgn begini, anak2 akan kontinu mencintai alQuran.

❓Pertanyaan lanjutan
Kalau kiat2 atau tips lainnya ada lg ustadzah?

❗Jawab
Tips lainnya yg ga kalah penting: anak tdk terlalu sering diberi porsi menonton. Ini akan berpengaruh besar sekali pada kekuatan hafalan dan selera menghafalnya.

❓Bagaimana ... terutama menjaga spy mrk sll bahagia krn kan diulang2 menghafalnya?
terutama u/kakak yg hafalannya dah panjang2?

❗Jawab
Dimotivasi terus bun. Misal diceritakan kisah2 anak yg sukses khatam alQuran atau kita cari video hafiz2 cilik dunia. Agar anak2 punya inspirasi terus untuk menghafal.
Semoga jadi hafizah semua ya bun. Bisa dicarikan guru privat mengaji di rumah, agar menghafalnya tdk putus. Sekali anak meninggalkan hafalannya, susah mengulangnya kembali. ✅

2⃣ Bunda Dien:
❓Saya punya 3 org putri (10, 5 dan 2 thn) yg sdg belajar menjadi penghafal Al Quran (mohon doanya, Bunda2 Sholihah). Alhamdulillah progress hafalannya lumayan cepat. Bagaimana tips utk menjaga hafalan mereka, Bunda Fashihah? Apalagi sy dan ayahnya sama2 bekerja dan baru bertemu mereka saat maghrib.✅
Afwan, tambahan pertanyaan dg bagaimana mengoptimalkan fungsi otak kanan dalam menghafal, Bunda?                             
❗Jawab:
Pertama : Masa keemasan untuk anak menghafal Al-Quran adalah usia sebelum tujuh tahun. Kalau usia ini lewat, daya hafalnya akan berbeda. Oleh sebab itulah imam syafii dan ulama lain banyak yg khatam di usia 7 tahun ini.

Kedua: untuk mengaktifkan otak kanan anak bisa dengan banyak cara.
Dengan senantiasa putar murottal di rumah. Sesering mungkin lebih baik.
Anak2 dibawah tujuh tahun sangat cocok dgn cara ini, apalagi bila anak memang sering di rumah saja. ✅
3⃣ Bunda Fiza

❓1. Anak saya 2.5 thn laki2 kami sedang mencoba talaqi juz 30, si kecil yang dominan kinestetik belum bisa diajak kerjasama. Belum bisa duduk manis & tidak mau mengikuti.                          Apa yang harus saya lakukan ustazah?

2. Apakah ada perbedaan menghafal antara anak laki2 & perempuan?                    Jazakillah khoir ✅

❗Jawab
Ini memang kondisi yg hampir dirasakan seluruh orangtua, bunda. Jadi sblum anak menghafal, ada yg disebut dgn kelas penyesuaian.
Bagaimanapun lincahnya gerak anak, dia bisa diajak tenang dan konsentrasi.
Saya melihat, konsep melatih konsentrasi anak ala montessori cocok diterapkan dalam menghafal alQuran untuk anak2 yg geraknya agak lebih.
Seperti beri anak kesibukan sambil putarkan murottal.
Misalkan : kegiatan memindahkan air pakai spoon, memindahkan pasir dari satu wadah ke wadah lain. InsyaAllah pelan pelan akan bs diajak komunikasi dan konsen.

Pengalaman selama ini saya mengajar, tdk ada perbedaan antara anak lelaki dan perempuan.tapi wallahu a'lam. Bisa jd bbrp kondisi berbeda✅

4⃣ Bunda Kartini
❓Usia anak sy 6 tahun, saat ini blm pandai baca alquran baru iqro, krn dulu sy ajari membaca dl bukannya membaca iqro, alhasil di usia 3 tahun dia pandai sekali membaca sdh lancar tp membaca alqurannya msh iqro. Sekiranya sy msh bisa mengejar ketertinggalan sy dlm mengajarkan alquran, tips apa dan bagaimana caranya mengajarkan dan memberikan hafalan untuk anak yg usianya sdh melewati golden age? Seperti anak sy. Trmksh sblmnya.

❗Jawab
MasyaAllah.... Luar biasa bunda. 3 tahun sdh lancar membaca.
Dilanjutkan saja trus iqro'nya. In sya Allah anak akan bs mengejar.
Usia 6 tahun msh ada masa keemasan setahun lagi untk menghafal. Caranya tetap sama. Ditalqinkan atau diputarkan murottal. Lalu hafalannya dievaluasi terus.✅

5⃣ Bunda Nur Isnaini
❓Bu..sy ibu rmh tangga anak 1 (usia 7 bulan), bagaimana manajemen waktu dr org tua yg ingin anaknya mjd hafidz/ah ktk ayah brgkt kerja jam set 7 pagi-6 malam. Sedangkan ibu di rumah tapi seringnya urusan domestik yg msh mjd hambatan seolah olah pekerjaan domestik tak kunjung selesai.
Trmksh

❗Jawab
Pastinya bund. urusan domestiknya ibu itu ga ada habisnya. Anak usia 7 bulan diputarkan murottal saja. Tapi beraturan.
Misalkan satu hari satu juz saja diulang2.
Atau satu surat diulang2.
Agar saat anak mulai bisa bicara, ia tdk asing dgn ayat2 alquran✅

❓Bun..td murrotal ny diperdengarkan ktk anak beraktvtas kah?

❗Iya bun, intinya: saat anak di rumah.✅

6⃣ Bunda Inthan
❓Klo boleh tau, bagaimana jadwal rutinan keluarga bu ustadzah? Dan apa yg dilakukan ketika anak lg dilanda rasa bosan ketika menghapal?

❗Jawab
Jadwal rutin menghafal : saat anak2 bangun tidur. Sebelum anak2 beraktivitas apapun. Jd masih fresh dan tdk disubukkan dengan fikiran apapun.
Saat menghafal, saya di kamar anak2. Kamar anak penghafal sebaiknya tdk banyak tempelan di dinding. Tdk rame warna warni. Karena alam bawah sadarnya akan menganggu konsentrasi anak dgn warna 2 td.
Kalau anak bosan, beri ia space untuk rehat dulu.✅

7⃣ Bunda Asri
❓Selain mendengarkan murotal, cara apalagi yg bisa dilakukan utk diajarkan kpd anak 2 thn. sedangkan blm lancar berbicara ustazah?

❗Anak 2 tahun selain murottal, ditalqinkan ibunya. Selain itu saya belum tau bun.✅

8⃣ Bunda Dien
❓Apakah anak boleh dipilihkan tilawah dr qori tertentu, Bun? Jika ada, qori siapa yang mgkn plg mudah diikuti tilawahnya oleh anak utk menghafal?✅

❗Jawab
Qori paling mudah ada syeikh alminsyawi. Ada di quran android bun✅

9⃣ Bunda Aisyah
❓Bgmn membenarkan bacaan pd anak yg cadel, apakah sesuai kemampuannya, atau ditunggu smpai benar2 pas, utk melanjutkan lagi? Dan jika anak blm mau mengikuti bacaan bgmn Bu?

❗Jawab
Kalau cadelnya memang faktor usia, dibiarkan saja bun. Nanti in sya Allah akan pas.
Kalau anak belum mau, latih konsentrasinya dlu ya bun, spt saya jwb di atas.✅

❓Untuk konsentrasi mendengarkan baik Bu. Tp trkadang tdk mau mengulangi/mengikuti bacaan kita. Sesekali mau, terkadang dia baca sendiri, walau ga full hafal tp bacaannya bener, kalau kita bantu dia diem
❗Iya gpp bu Aisyah. Dibacakan saja terus. in sya Allah bertahap anak akan mengikut✅

PENUTUP
Sebagai penutup, kita sama sama berdoa dan berusaha ya bun. Agar anak2 kita jd generasi alQur'an. Bukan hanya sekedar penghafal, tapi mencintai alQuran. Kita mulai dari diri sendiri. Dengan banyak membaca alQuran di depan anak, agar anak punya teladan dalam mencintai alQuran.
Yang tak kalah penting, usia dibawah 7 tahun adalah masa keemasan bagi anak dalam menghafal alQuran. Bila ia menghafal di usia ini, in sya Allah hafalannya kuat sepanjang hayat, beda dengan org yg menghafalnya di atas 7 tahun.
Karena anak adalah amanah Allah untuk kita.
Sekian. Mohon maaf atas segala khilaf.
Assalamualaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar