Rabu, 13 Mei 2015

PEMICU 2: TEMA DISKUSI IMAN KEPADA NABI DAN RASUL

������������������������
������PEMICU 2: TEMA DISKUSI IMAN KEPADA NABI DAN RASUL������

Bismillaah...

Setelah kita membahas 4 poin sebagai beberapa 'catatan penting dalam menceritakan Kisah Nabi dan Rasul pada Anak', maka berikut adalah poin-poin berikutnya yang akan kita bahas kemudian...

Semoga bermanfaat...

������������������������

Catatan Penting dalam Menceritakan Kisah Nabi dan Rasul pada Anak...

������Bagian kedua-habis������

������������������������

5⃣ Variasikan Metode

Kakak menggeser sofa dan meja sedemikian rupa dan mengajak mas azzam sambil berteriak-berteriak: “ayo naik, sebentar lagi banjir”. Ini pura-puranya kapal nabi Nuh, sambil mengangkut naik mainan binatang dan boneka ke atas sofa. Metode bercerita tidak melulu dengan kata-kata, menggunakan simulasi, permainan, boneka tangan, air, pergi ke tempat yang pembuatan patung (thematic outing) juga bisa jadi metode yang baik dan asyik agar anak lebih memahami cerita nabi dan Rasul tersebut. Tentu saja metode yang bervariasi ini akan lebih berkesan, diingat dan menyenangkan bagi mereka. Be creative!

������������������������
6⃣Bertahap dan Lakukan Pengulangan

Memahami 25 kisah nabi secara sekaligus tentu bukan hal yang mudah bagi anak-anak. Orang tua dan guru perlu mengatakan bahwa “cerita ini belum lengkap semua, masih ada kelanjutannya”. Penyampaian (episode) kisah perlu menyesuaikan dengan usia dan pemahaman anak, misalnya, saat menceritakan kisah Nabi Musa AS yang melakukan kesalahan dengan membunuh seorang lelaki, kisah homoseksual kaum sodom, kisah wanita-wanita yang sampai terluka jarinya karena ketampanan nabi Yusuf AS, relatif lebih tepat disampaikan saat usia anak menjelang baligh/SD bukan TK. Karena kisah ini memerlukan pemahaman yang lebih tinggi tentang konsep-konsep hubungan antar manusia, emosi, ketertarikan secara seksual dan sebagainya. Namun hal ini bukan berarti tidak menyampaikannya sama sekali, karena pada saat yang lebih tepat anak perlu diajarkan bahwa tabiat manusia memang bermacam-macam, bahwa manusia; bahkan nabi sekalipun pernah berbuat salah—terutama jika mereka mengikuti hawa nafsunya. Namun yang terpenting anak mengetahui bahwa mencegah diri dari kesalahan dan bertaubat adalah lebih utama. Selain itu anak harus memiliki kesadaran bahwa manusia dengan berbagai watak, tabiat dan perilaku buruk itu adalah realitas kehidupan, dan justru mereka perlu mendapatkan dakwah agar kembali ke jalan kebenaran.

������������������������
7⃣Lakukan konfirmasi untuk mengecek pemahaman

Untuk mengecek pemahaman anak, kita bisa mengkonfirmasi dengan kuis, pertanyaan, perbandingan, asosiasi/kemiripan dan cara lainnya. Ini penting dilakukan agar anak memiliki pemahaman yang benar dan memastikan mereka mendapat ‘ibrahnya’.

������������������������
8⃣Rangsang Rasa Ingin Tahu dan Keinginan Belajar yang lebih tinggi

Penting merangsang minat anak untuk tidak hanya menjadi pendengar, tapi pembelajar.

“Kakak pengen bisa membaca sendiri buku tentang Nabi yang umi pegang ini?”

“Iya aku pengen bisa baca huruf -hurufnya, nanti aku yang ceritakan sama azzam deh”. Nah kita bisa dapat momentum bahwa bisa membaca itu asyik, memberikan ‘kesadaran aksara’ sehingga suatu saat mereka akan minta: “mi, aku mau belajar baca”. Ingat bahwa menumbuhkan minat membaca harus lebih dulu ditumbuhkan sebelum mengajarkan keterampilan membaca. Anak yang bisa membaca dini belum tentu senang membaca. Menceritakan kisah- kisah dengan cara yang menarik, membiasakan anak membuka dan bertanya tentang buku-buku bergambar adalah cara-cara yang baik untuk merangsang minat baca anak.

������������������������
9⃣ Ajak mereka mencintai Al-Quran sebagai referensi utama

Orang tua dan guru punya tanggungjawab untuk menceritakan kisah Nabi dan Rasul dengan benar/shahih. Salah satu cara efektif untuk mengajarkan kisah nabi dan Rasul dengan Benar adalah dengan merujuk langsung pada Al Qur’an. Mengajak anak menghafal Qur’an, akrab dengan Quran sejak dini banyak sekali manfaatnya.

Kita bisa mengatakan ” cerita Nabi Musa AS ada di surat Al-Baqarah, artinya sapi betina”.

“Oya? di Al-Quran ada surat yang cerita Sapi mi?”, tanya kakak.

“Ada, ada yang cerita tentang sapi, gajah, semut, Unta…banyak”.

“Aku mau hafalan surat sapi, apa itu … Al-Baqarah, coba tunjukkan mi, yang mana … aku mau baca”.

Dengan demikian, kalaupun sempat ‘terjadi kesalahan bercerita’ pada waktu mereka anak-anak, kelak ketika mereka bisa membaca dan mencintai Qur’an mereka akan mendapatkan pemahaman yang shahih karena mengeceknya langsung pada sumber rujukan utama. Wallahu allam.

Sumber:
1.Ninin Kholida M, S.Psi, M.Kes. http://www.dakwatuna.com/2014/02/02/45753/catatan-penting-dalam-menceritakan-kisah-nabi-dan-rasul-pada-anak/#axzz3ZPFFrJRU

Tim Ralika
Tim Tema Diskusi HSMN
HSMN.Timtemadiskusi@gmail.com

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
��������hsmn��������
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
��facebook.com/hsmuslimnusantara

�� FB Seminar MAMS (HS Muslim Nusantara)

�� instagram: @hsmuslimnusantara

�� twitter: @hs_muslim_n

�� web:
hsmuslimnusantara.org

������������������������

Nah... dari poin dibagian kedua artikel ini, membahas 5 catatan penting ketika kita ingin berkisah tentang Kisah Nabi-Nabi kepada buah hati kita...

Yuuk kita share pengalaman kita�� dan kita diskusikan lagi...

Jika ada yang hendak men-share kisah nabi juga boleh yaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar